Hmm….Mesin Perekam e-KTP di Wakatobi Rusak – FAJAR Sultra
News

Hmm….Mesin Perekam e-KTP di Wakatobi Rusak

KENDARIPOS.CO.ID KWANGIWANGI- Selain blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik yang belum ada, kerusakan mesin perekam juga menjadi kendala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Capil) Wakatobi. Terutama di Pulau Binongko, alat perekamnya kini mengalami kerusakan. Akibatnya, warga terpaksa harus “hijrah” ke Wangi-wangi jika ingin melakukan perekaman.

“Alat perekaman e-KTP di Binongko sangat parah. Sehingga tidak bisa dioperasikan,” kata Abdul Rahim, Kepala Dinas Dukcapil Wakatobi, kemarin.

Rahim menjelaskan, alat-alat untuk perekaman yang ada di Binongko memang sangat memprihatinkan. Sayangnya, meski bertahun-tahun telah memgalami kerusakan, namun tak pernah diperbaiki. “Alat itu rusak sebelum saya menjabat. Kita belum perbaiki, karena butuh biaya banyak,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Rahim, masyarakat Binongko yang ingin melakukan perekaman harus menyeberang ke Wangi-Wangi. “Tapi tidak perlu khawatir. Karena dalam waktu dekat akan turun lapangan guna melayani perekaman e-KTP dan dokumen penting lainnya di tiga pulau ini,” terangnya.

Selain itu, Rahim mengupayakan penuntasan, perekaman dan pecetakan dokumen penting, tim sosialisasi siap bekerja selama beberapa hari. “Kalau misalnya di Tomia dan Kaledupa tiga hari, maka di Binongko bisa sampai lima atau enam hari,” tandasnya. (c/thy)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top