Kontrak Diperpanjang, Pasar Laino Belum Juga Rampung – FAJAR Sultra
News

Kontrak Diperpanjang, Pasar Laino Belum Juga Rampung

Pasar Laino Raha yang belum rampung dibangun hingga habis masa adendum. (Fitri/BKK)

RAHA, BKK – Meskipun sudah diperpanjang 50 hari, namun hingga masa perpanjangan berakhir Senin (13/2), pembangunan Pasar Laino Raha, belum juga rampung. Pasar yang dibangun sejak 2015 itu kontrak kerjanya telah berakhir 24 Desember 2016 dengan total anggaran Rp 50 miliar. Sayangnya, pembangunan pasar ini baru kelar sekitar 60 persen hingga kontrak berakhir.

“Masa perpanjangan 50 hari pembangunan Pasar Laino Raha memang sudah berakhir Senin (13/2). Masih ada sejumlah pembangunan yang belum rampung seperti kaca belum dipasang, rolling door (pintu) belum ada. Kemudian menara, cat semua belum kelar. Kalau fisik bangunan sudah kelar, saya sudah perintahkan pihak rekanan untuk dibersihkan,” kata Kepala Dinas Perindag Kabupaten Muna, Achmad Yani B SE MSi selaku kuasa pengguna anggaran dari proyek ini pada koran ini kemarin.

Karena belum rampung, kata Yani, dana sisa sebesar Rp 17 miliar dari pembangunan pasar itu belum dibayar pada pihak rekanan. “Kita bayarkan sesuai progres, kalau belum rampung, ya kita belum bayarkan sisa anggaran proyek itu. Tapi dendanya tetap full sekitar Rp 600 juta. Proyek ini mulai dibangun tahun 2015 dengan anggaran Rp 20 miliar dua lantai. Jumlah los 800 unit. Kemudian diangarkan tahun 2016 sebesar Rp 29 miliar,” tambah Yani.

Sedangkan terkait pengelolaan pasar tersebut akan diserahkan pada PD Pasar atau PD Sowilunto. “Saya ini dalam posisi tersandera. Di satu sisi saya ingin pasar ini cepat ditempati, tapi di sisi lain pembangunan belum kelar. Harusnya kontraktor PT Bintang Fajar Gumilang secepat mungkin menyelesaikan pembangunannya agar mereka untung. Kalau begini kan kena denda dan kita bayarkan cuma sesuai progres saja,” ujarnya. (r1)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top