Garuda Belum Pastikan Kapan Terbang di Sugimanuru – FAJAR Sultra
News

Garuda Belum Pastikan Kapan Terbang di Sugimanuru

KENDARI – Garuda Indonesia belum bisa memastikan kapan rencana terbang perdana di Bandara Sugimanuru Kabupaten Muna Barat. Garuda masih menunggu persiapan administrasi dari pusat.

Gatot Rijadi

“Rencana terbang di Bandara Sugimanuru masih dalam proses. Ada persiapan-persiapan administrasi. Ini masih terus berjalan. Kita upayakan secepat mungkin, karena di Raha atau Pulau Muna secara keseluruhan, menjadi prioritas Garuda untuk membuka rute baru tahun ini,” kata Gatot Rijadi, General Manager PT Garuda Indonesia Cabang Kendari, Selasa (14/2).

Untuk melakukan terbang perdana, Garuda kata Gatot melihat keseriusan semua pihak di Muna dan Muna Barat. Bagaimana pula potensinya, dan masyarakat di sana. Gatot optimis Garuda bisa secepatnya terbang di Pulau Muna menuju berbagai daerah di Indonesia, sehingga membuka keterisolasian daerah itu.

“Kami berharap Pemda Muna dan masyarakat bisa sabar menunggu persiapan garuda. Terutama soal kesiapan administrasi. Itu semua kewenangan Garuda Indonesia di Jakarta. Kami di Kendari hanya menunggu informasi kepastian saja,” jelasnya.

Soal kesiapan Bandara Sugimanuru, secara umum sudah bisa diterbangkan pesawat Garuda jenis ATR 70. Namun ini menunggu kembali hasil kajian teknis tim khusus dari Jakarta. “Jadi, kita menunggu saja. Yang jelas, tahun ini Garuda memprioritaskan penerbangan dari dan menuju ke Kota Raha Ibu kota Kabupaten Muna, dan daerah-daerah disekitarnya seperti Muna Barat dan Buton Tengah,” tutup Gatot.

Sebelumnya, Pemkab Muna menunggu kesiapan garuda untuk segera terbang perdana di Bandara Sugimanuru. Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemkab Muna, Amiruddin Ako menjelaskan, secara umum, bandara Sugimanuru sudah siap diterbangkan.

“Kami hanya menunggu keseriusan Garuda untuk terbang secepatnya. Secara umum bandara sudah siap. Pihak Garuda juga sudah meninjau lokasi. Wakil Presiden Jusuf Kallas juga sudah menginstruksikan kepada Menteri Perhubungan agar segera membuka rute Raha-Makassar. Mungkin hanya soal waktu saja. Pemkab Muna tetap menunggu,” ucapnya. (aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top