Jelang Porprov, PODSI Butuh Lima Wasit – FAJAR Sultra
News

Jelang Porprov, PODSI Butuh Lima Wasit

KENDARI – Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 mendatang, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sultra, mulai mencari wasit. Wasit yang dimaksud yakni, wasit yang bersertifikasi daerah untuk ikut memimpin pada nomor dayung yang dipertandingkan di Porprov.

Hingga saat ini, Sultra masih memiliki tiga orang wasit nasional. Ketiganya yakni, Mochammad Idham Hatta, Sugiyanti Rauf dan Rabiah. Jumlah sebanyak ini, oleh Ketua Harian Pengprov PODSI Sultra, Mochmad Idham Hatta, dirasakan masih kurang.

“Kalau bisa yaa lima orang wasit di Sultra yang bisa berskala nasional, sejauh ini kan baru tiga orang,” kata Mochammad Idham Hatta, Senin (13/2).

Dikatakannya, Sultra memiliki sekitar 20 orang wasit berskala daerah. Pada penataran wasit yang digelar di Buton Utara (Butur) beberapa waktu lalu, ada beberapa calon wait yang dianggap mampu untuk mengikuti tes wasit tingkat nasional.

“Jumlah 20, tidak semua kami promosikan untuik menuju wasir nasional. Di Butur, mungkin ada dua wasit yang memang kami anggap mampu,” katanya.

Tantangan menjadi wasit nasional, dikatakan Mochammad Idham Hatta, yakni mampu dan cukup cakap pengetahuannya. Selain itu, harus menyediakan waktu luang. Sebab, untuk mengikuti tes wasit nasional, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit.(r5/b/hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top