Penting, Mahasiswa Pahami K3 – FAJAR Sultra
News

Penting, Mahasiswa Pahami K3

KENDARI – Peminatan Kesehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja (KLKK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Halu Oleo (UHO), menggelar Seminar Nasional K3 yang bertempat di Aula DPRD Kota Kendari, akhir pekan lalu. Kegiatan ini dalam rangka memperingati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional tahun 2017.

Prof Dr Qomariyatus Sholihah ST MKes, salah satu pemateri dari Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, akhir pekan lalu.

Seminar tersebut diisi oleh empat pemateri yang berkompeten di bidangnya masing-masing, di antaranya Prof Dr Qomariyatus Sholihah ST MKes, Sultan Andi Bakri SKM MSc, Hj Asnian Nidi SH MH, dan Dekan Fakultas FKM UHO Dr Yusuf Sabilu MSi.

Prof Qomariyatus Sholihah mengatakan, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa sebaiknya mempersiapkan diri menghadapi arus globalisasi dalam hal ini pasar bebas ASEAN atau MEA, sehingga tingkat persaingan dalam mencari kerja bukan hanya datang dari pencari kerja dalam negeri akan tetapi juga dari luar negeri.

“Karena itu pentingnya mahasiswa dalam membekali dirinya dalam menghadapi tantangan tersebut berupa meningkatkan skill dan kompetensinya agar bisa unggul dalam persaingan kerja di era MEA,” tutur salah satu doktor termuda di Indonesia tersebut.

Sementara itu Hj Asnian Nidi, selaku pemateri dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sultra, mengatakan bahwa penerapan K3 di Sultra masih dalam tahap perkembangan. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran pekerja akan K3 sehingga bisa membahayakan keselamata diri sendiri bahkan orang lain.

Namun ia menambahkan saat ini peluang kerja bidang K3 di Sultra mempunyai prospek yang sangat cerah. Hal ini dikarenakan saat ini di Sultra beberapa perusahaan khususnya pertambangan Nikel sedang membangun pabrik smelter.

“Dengan meningkatnya pertumbuhan pembanguna smelter di Sultra, mampu membuka peluang kerja khususnya bagi ahli K3 untuk dapat bekerja di perusahaan, dan menerapkan K3 agar penerapan K3 di Sultra bisa lebih baik lagi,” jelas Asnian.
Muh Abirizal Basri selaku Ketua Panitia kegiatan ini mengatakan, bahwa seminar ini bertemakan sesuai dengan tema bulan K3 nasional yaitu ‘Dengan Budaya K3 Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia menuju Masyarakat yang Selamat, Sehat dan Produktif’. (p15/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top