Cabor Woodball Rambah Sultra – FAJAR Sultra
News

Cabor Woodball Rambah Sultra

KENDARI – Cabang olahraga woodball mulai merambah Sultra. Olahraga yang populer di Indonesia sejak 2002 ini, sudah memiliki sejumlah penggemar di Kota Kendari. Mandat Ketua Umum Asosiasi Woodball Indonesia, sudah diberikan kepada salah satu pembina olahraga di Sultra, Ahmat Wahab.

Olahraga yang mirip golf, namun peralatannya mayoritas terbuat dari kayu.

Mandat yang diterima Ahmat Wahab tiga Februari ini, berlaku hingga 3 Maret mendatang. Mandat ini, untuk membentuk kepengurusan tingkat provinsi. Setelah pengurus Provinsi Sultra terbentuk, selanjutnya menunggu surat keputusan pengurus Asosiasi Woodball Indonesia pusat.

“Iya, sejauh ini sudah ada mandat, tinggal kami berusaha untuk bentuk tingkat provinsi. Kalau untuk provinsi, kita sementara cari sosok ketua yang cocok,” kata Ahmat Wahab, Selasa (14/2).

Diketahui, olahraga Woodball pertama kali diperkenalkan oleh Weng Ming Hui di Taiwan pada tahun 1994-an. Setelah melewati beberapa percobaan dan pengembangan, terciptalah woodball yang dimainkan mirip golf dengan peralatan; bola kayu, mallet atau stik atau tongkat pemukul dengan kepala seperti botol gelas, dan gate atau gawang yang dibuat seperti gelas yang berjajar. Dan setahun setelah kemunculannya, woodball mulai melenggang ke beberapa negara di dunia termasuk indonesia.

Di Indonesia, woodball diperkenalkan oleh Tandiono Jecky dan Dr. Nugroho Widiasmadi tahun 2002. Kemudian Tandiono Jecky mengajak Agum Gumelar, selaku ketua KONI pusat pada saat itu dan Agum Gumelar menunjuk Rita Subowo untuk mengikuti konferensi internasional woodball di Kuala Lumpur bulan agustus 2006. Dan akhirnya terbentuklah Indonesia Woodball Association (IWbA), dengan Tandiono Jecky dan Dr. Nugroho Widiasmadi sebagai presiden dan wakil presiden IwbA.(r5/b/hum)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top