Koltim Target Pertama Penilain Lomba PKK – KB Kesehatan Tingkat Sultra – Fajar Sultra
News

Koltim Target Pertama Penilain Lomba PKK – KB Kesehatan Tingkat Sultra

Tim penilai Lomba gerak PKK KB Kes Provinsi yang didampingi Ketua Penggerak PKK Koltim, Surya Hutapea, saat melakukan penilaian berbagai makanan Sehat

TIRAWUTA, BKK – Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menjadi sasaran pertama dalam penilaian lomba gerak PKK- KB Kesehatan tahun 2017 tingkat Provinsi (Sultra). Tim Penilai Provinsi Sultra mengunjungi Desa Lalingato, Kecamatan Tirawuta, Selasa (14/2), desa yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim untuk mewakili Koltim dalam penilaian lomba gerak PKK- KB Kesehatan tahun 2017.

Saat tim penilai dari provinsi melakukan penilaian, Ketua Tim Penggerak PKK Koltim, Hj Surya Hutapea, menyatakan optimis, penuh semangat dan percaya diri Koltim bisa lolos ke tingkat Nasional untuk membawa harum nama daerah Koltim dan atau mewakili Provinsi Sultra. dengan

“PKK Koltim telah menetapkan satu desa tersebut untuk menjadi lokasi penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai dari Provinsi Sultra. Harapan kami Koltim bisa lolos untuk mewakili Sultra ke ajang nasional nantinya,” kata Surya Hutapea.

Lomba gerak PKK-KB Kesehatan tingkat provinsi Sultra ini diikuti seluruh kabupaten/kota se-Sultra, dengan perwakilan desa/kelurahan terbaik dalam menggerakkan program PKK dan penerapan serta sosialiasi KB Kes.

“Kategori penilaiannya ada beberapa hal yang dinilai. Diantaranya dari hasil pencapaian program KB Kes, Posyandu, perilaku hidup bersih dan sehat, lingkungan bersih dan sehat, serta 10 program Posyandu,” ujarnya Surya.

Dia mengatakan, kegiatan KB-Kes sangat penting untuk terus dilakukan. Selain menyehatkan masyarakat juga mensejahterakan masyarakat. Ditegaskan, berhasilnya KB Kes, tentu akan menjadikan terbentuk keluarga yang berkualitas, sehat dan pencapaian KB yang baik.

“Kesatuan gerak PKK KB-Kes ini terus membentuk kerja sama dengan mitra strategis khususnya bagi BKKBN dan beberapa stakeholder terkait. Kerja sama tersebut, saat ini telah mampu menjangkau seluruh sasaran dengan hasil yang cukup memuaskan,” kata Istri Bupati Koltim ini.

Daerah yang meraih nilai tertinggi dari seluruh kategori penilaian, maka itulah yang terpilih sebagai pemenangnya untuk mewakili Sulawesi Tenggara di tingkat nasional.

Koltim untuk pertama kali ikut dalam perlombaan ini.

Sementara itu, Ketua Tim penilai lomba Gerak PKK-KB-Kes Sultra, Maswaty Majid mengatakan, TP PKK Koltim diharapkan bisa menjadi juara diperlombaan tersebut.

”Meski baru yang pertama kali mengikuti lomba ini, sepertinya Koltim punya peluang untuk mencapai target penilain yang cukup baik, tergantung nanti Kabupaten mana yang lebih tinggi peringkatnya, jika Koltim bisa bertahan dinilai yang cukup baik, kemudian tidak ada lagi kabupaten lain yang menyaingi maka insha Allah Koltim bisa jadi pemenangnya,” ujar Maswaty.

Dikatakan, tim penilai baru Koltim, daerah yang dilakukan penilaian. Namun demikian, dia mengaku dari pengamatan dia Koltim punya peluang untuk menang.

“Semoga saja mudah-mudahan Koltim bisa menjadi juara pada tingkat provinsi nanti. Sehingga bisa mewakili tingkat nasional,” tutup Maswaty.

Sementara Bupati, dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten II Drs H Zainudin Boni mengatakan, kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan, dilaksanakan secara terpadu oleh tim Penggerak PKK, BKKBN, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri. Banyak hasil pencapaian yang didapat dan dirasakan manfaatnya masyarakat.

Kegiatan ini lanjutnya, diharapkan menjadi motor penggerak partisipasi semua pihak dalam wadah pembinaan bagi instansi pemerintah, ormas, LSM, dunia usaha dan swasta, sesuai dengan nuansa otonomi daerah. Penyelenggaraan kegiatan kesatuan PKK-KB-kesehatan, memberi kesempatan seluas-luasnya pemerintah daerah untuk mengembangkan kegiatan berdasarkan di prioritas masing-masing daerah sesuai dengan situasi dan kondisi setempat.

“Saya perlu mengingatkan, kepada kita semua agar dalam melaksanakan program ini, jangan hanya semangat pada saat berlomba, namun bagaimana kita bisa merubah sikap mental dan cara pandang kita untuk kemajuan daerah. Dan yang lebih utama, bagaimana program ini dapat dirasakan oleh semua masyarakat Kolaka Timur,” harap bupati.

Ditambahkan, setelah lomba, kegiatan PKK terus berjalan, sehingga secara sadar kegiatan ini menjadi rutinitas dan membudaya disetiap keluarga yang ada di Koltim. (cr8/lex)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top