Menangkan Pilwali, ADP-Sul Tunggu Hasil Resmi KPU  – Fajar Sultra
News

Menangkan Pilwali, ADP-Sul Tunggu Hasil Resmi KPU 

*Imbau Pendukung Tetap Tenang

KENDARI – Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra dan Sulkarnain (ADP-Sul) langsung menemui pendukungnya di Hotel Zahra Kendari, setelah unggul berdasarkan perhitungan real count yang dirilis election-count berpusat di hotel Zahra Kendari, Rabu (15/2).

Dihadapan pendukungnya, ADP menyampaikan rasa syukurnya karena proses pelaksanaan pesta demokrasi sudah selesai dan berlangsung aman dan damai.

Karenanya, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya pendukung ADP-Sul agar tetap tenang dalam mengikuti hasil yang akan dilakukan KPU.

Menurutnya, berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan, pihaknya unggul dari dua pasangan calon lainnya. Oleh karena itu, dia berharap kepada pendukung supaya menunggu proses rekapitulasi perhitungan suara yang akan dilakukan, mulai di tingkatan kecamatan hingga pleno di KPU Kendari

“Kami juga mengajak kepada seluruh sahabat dan pendukung untuk menjaga dan mengawal dengan ketat hasil proses perhitungan di TPS , sampai dengan proses rekapitulasi di tingkat kecamatan dan KPU Kota Kendari,” jelasnya.

Dia menginginkan, seluruh simpatisan supaya tetap tenang dan tidak membuat gaduh serta tidak saling mengejek atau menghina pasangan calon lain ataupun pendukung pasangan lain.

Baginya pesta demokrasi kali ini hanya sebuah perlombaan untuk memajukan Kota Kendari, bukan sebuah arena untuk saling berselisih paham.

“Pesta sudah selesai dan mari kita bersama sama menghargai hasil pilihan masyarakat Kota Kendari. Saya mengajak kepada seluruh pendukung untuk tetap tenang sampai seluruh hasil benar benar diumumkan KPU Kendari,” ajaknya.

Ketua Tim Pemenangan ADP-Sul, ditempat yang sama Samsuddin Rahim juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada ADP-Sul, untuk memimpin Kota Kendari selanjutnya.

Dia mengajak kepada simpatisan agar tetap tenang dan tidak membuat gaduh, dan tetap menjaga kondisifitas daerah.

Sementara itu, Ketua Harian DPW PAN Sultra Abdurrrahman Shaleh menuturkan, pertadingan dalam pesta demokrasi sudah selesai. “Pertandingan sudah selesai. Saatnya kita merangkul untuk membangun Kota Kendari,” ajaknya.

Real Count FISIP UHO, ADP Unggul

Sementara itu, perhitungan cepat real count pemilihan walikota kendari juga digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO), Rabu (15/2), dengan menempatkan pasangan Adriatma Dwi Putra (ADP) -Sulkarnain (Sul) unggul dengan perolehan suara 61.805 suara, atau meraih 41,13 persen suara pemilih.

Sementara, Abdul Rasak berada diurutan kedua dengan perolehan suara 55.195 suara atau 37,21 persen. Sedangkan diposisi ketiga, Zayat Kaimoedin-Suri Syahriah perolehan suara sebanyak 33.870.

Dari data yang didapat FISIP UHO, jumlah suara sah sebanyak 152.080 suara. Presentasi suara yang masuk mencapai 84,76 persen.

Ketua Tim Real Count FISIP UHO, Dr Bahtiar menyatakan, sejauh ini pihaknya sudah menyelesaikan salah satu perhitungan suara pemilihan Walikota dan Wakil Walikota yang pertama kali bagi FISIP UHO.

Validitas data perhitungan bisa dipertanggungjawabkan, karena pihaknya bekerja secara tim.

Pihaknya melibatkan sebanyak 255 orang mahasiswa FISIP UHO dari berbagai jurusan dan program studi.

“Kita sebar di semua Tempat Pemungutan Suara atau 520 TPS yang ada di Kota Kendari dan hasil survei ini ditandatangani serta di cap stempel oleh KPPS setiap TPS,” kata Dr Bahtiar yang juga menjabat sebagai dekan FISIP UHO ini, Rabu (15/2).

Sementara itu, pengamat politik UHO, Eka Suaib menyatakan sejauh ini, pergerakan ADP menjadi Walikota didukung dari berbagai pihak. Mulai dari kesiapan tim yang terstruktur dan pergerakan yang terpola, menjadikan ADP bisa unggul dari dua calon lainnya.

“Kita melihat juga, tingkat partisipasi pemilih yang ada di Kota Kendari cukup tinggi, sehingga hal ini menyadarkan kita jika partsipasi masyarakat cukup tinggi,” kata Eka Suaib.(r1-r5/b/ags)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top