STQ Kolaka Lahirkan Qari’ dan Qari’ah Terbaik – Fajar Sultra
News

STQ Kolaka Lahirkan Qari’ dan Qari’ah Terbaik

Jayadin: Event Semacam Ini Adalah Asset Kita Bersama

KOLAKAPOS, Kolaka–Wakil bupati Kolaka H. Muh. Jayadin menutup dengan resmi pagelaran Seleksi Tilawatil Quran (STQ) dan festival seni qasidah tahun 2017 di Kolaka.
Dalam sambutannya Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin mengatakan, sangat mengapresiasi terselenggaranya STQ Kolaka yang berjalan dengan lancar dan kondusif.
“Saya menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara dan semua pihak, baik dari segenap jajaran pemerintah daerah, maupun dari jajaran keamanan dan seluruh masyarakat atas peran dan partisipasinya dalam menyukseskan penyelenggaraan STQ tingkat kabupaten Kolaka tahun 2017 ini, yang berlangsung dalam suasana kondusif, damai dan religius. Semoga suasana yang terwujud seperti dalam penyelenggaraan STQ ini, tetap terpelihara dan ditumbuh kembangkan dalam menyongsong hari-hari mendatang, untuk kemajuan kabupaten Kolaka yang lebih baik,” harapnya.
Menurutnya, kegiatan tersebut bisa berjalan sukses berkat kerjasama yang baik antara semua pihak yang terlibat.
“Tahapan demi tahapan yang telah dipersiapkan oleh panitia penyelenggara, mulai dari penerimaan dan pemondokan para Kafilah dari masing-masing kecamatan, pawai ta’aruf, pelantikan dewan hakim, pertemuan official dan malam ta’ruf, sehingga momen ini menjadi berharga, karena selain menjadi wahana pendalaman Al-Qur’an dan keterampilannya, juga sebagai ajang silaturrahmi. Karena itu, tanpa kerja keras dari kita semua, mustahil STQ yang pertama diselenggaran di kabupaten Kolaka ini akan berjalan dengan sukses,” jelasnya.
Jayadin menambahkan, para peserta STQ adalah yang terbaik dari utusan kecamatan masing-masing, yang menjadi duta-duta untuk STQ tingkat kabupaten Kolaka dan sudah berupaya semaksimal mungkin, karena dalam STQ ini yang terpilih adalah yang terbaik.
Namun, yang tidak kalah pentingnya kata Jayadin, upaya pendalaman, pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an dan mampu mengimplementasikan untuk kebutuhan hidup, baik kehidupan sosial keagamaan maupun kehidupan sosial kemasyarakatan.
“Karena event semacam ini adalah asset kita bersama, dalam menciptakan akhlakul karimah menuju kabupaten Kolaka yang religius, berkeadian, adil dan sejahtera, yang dilandasi iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.
Sementara itu, ketua panitia STQ Kolaka Hj. Andi Wahidah mengatakan, STQ Kolaka berakhir dengan sukses dan meriah.
“Syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunianya, setelah lima hari lamanya kita melaksanakan STQ tingkat kabupaten Kolaka dan di tempat ini pula, yakni di Lapangan 19 November, pada malam hari yang cukup cerah ini, kita kembali hadir menyaksikan acara penutupan STQ,” jelasnya.
Ia memaparkan, pemenang juara Tilawah Al-Quran golongan anak-anak Qari’ juara satu adalah Khaerul Azzam dari Tanggetada, Qariah juara satu bernama Nur Hidayah Syamsuddin dari kecamatan Tanggetada. Sementara itu golongan dewasa Qari’ juara satu Syamsuddin dari kecamatan Latambaga dan Qari’ah juara satunya bernama Rabiana dari kecamatan Kolaka.
“Dewan hakimnya ada 12 orang yang diketuai Siti Norma Ali dam Panitera Hj. Marlinah,” ujar Hj. Andi Wahidah.
Untuk juara Tilawah Al-Quran golongan Qira’at Sab’ah Murattal adalah dari golongan Mirattil juara satu atas nama Riki Suganda dari kecamatan Polinggona, untuk golongan Murattilah juara satu Leni Mukarammah dari kecamatan Latambaga. Untuk golongan satu jus juara pertama Muh. Arya Panca (Hafiz) dari kecamatan Toari dan Nurul Iffah khumairrah (Hafizah) dari kecamatan Kolaka, golongan lima jus juara satu adalah Halim Anwar suhaeli (Hafiz) dari kecamatan Kolaka dan Nisaul Haq Bintuhas (Hafizah) dari kecamatan Latambaga.
“Untuk golongan 10 juz juara pertama Al Imran Ibrahim (Hafiz) dari kecamatan Wundulako, Kamaria Suhra (Hafizah) dari kecamatan Kolaka. Untuk golongan 20 juz juara pertama diambil oleh Muammar Salim (hafiz) dari kecamatan Kolaka dan Muftahul Riskiah Haling (Hafizah) dari kecamatan Kolaka. Untuk golongan 30 juz juara pertama Muh Fahrurazi Zamzani (Hafiz) dari kecamatan Kolaka dan Nur Afdhaliyah (Hafizah) dari kecamatan Wolo. Untuk juara tafsir Al-Quran bahasa Arab juara satu Rusdi Ashar (Mufassir) dari kecamatan Kolaka dan Nur Syahidah (Mufasirrah) dari kecamatan Polinggona,” tambahnya.
Selanjutnya untuk juara kasidah rebana juara satu anak-anak putra dimenangkan oleh kelompok Al Iklas dari kecamatan Iwoimendaa, sedangkan kelompok putrinya dari kelompok Fiatabiqul Khaerat dari kecamatan Wundulako. Untuk golongan remaja putra juara satu kelompok An Nas dari kecamatan Pomalaa dan golongan remaja putri juaranya Ar Rahman dari kecamatan Pomalaa.
“Untuk golongan dewasa putra kasidah rebana juara satu diambil oleh Ar Rosyid dari kecamatan Pomalaa, sedangkan untuk kelompok dewasa putri yang juara adalah kelompok Ar Rahman dari kecamatan Pomalaa,” katanya.
Lebih lanjut wanita berjilbab ini menyatakan, untuk juara bintang vokalis pada STQ Kolaka adalah golongan anak-anak putra bernama Eet Sanjaya dari kecamatan Pomalaa, golongan anak-anak putri juara satu Serlinda dari kecamatan Iwoimendaa. Untuk golongan remaja putra juara satu Ikbal Nur Rahmad dari kecamatan Wolo dan golongan remaja putri juaranya Lili Susanti dari kecamatan Wolo.
“Untuk golongan dewasa putra bintang vokalis juara satu diambil oleh Ismail Ali dari kecamatan Baula, sedangkan untuk kelompok dewasa putri yang juara adalah Herawati dari kecamatan Pomalaa. Terakhir, penetapan juara umum perorongan pada STQ Kolaka tahun ini adalah Syamsuddin, dari kecamatan Latambaga, dengan dewan hakim diketuai oleh H. Syaifuddin Mustaming dan sekretarisnya Arif Rusman,” tutupnya. (hud)

Kolaka Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top