Cuaca Buruk, Nelayan di Kolaka Gantung Kail – FAJAR Sultra
News

Cuaca Buruk, Nelayan di Kolaka Gantung Kail

KENDARIPOS.CO.ID KOLAKA- Cuaca tak bersahabat bukan hanya mengganggu lalulintas transportasi penyeberangan di Kolaka. Perubahan cuaca itu juga sangat berpengaruh terhadap penghasilan para nelayan. Sejak beberapa pekan terakhir, mereka harus gantung kail akibat cuaca buruk.

Salah seorang nelayan di Kelurahan Sea Kecamatan Latambaga, Mustaring (50) mengungkapkan, nelayan-nelayan yang ada di desanya urung melaut karena cuaca tak bersahabat. Mereka hanya mencari ikan pada wilayah terdekat. Jarak terjauh hanya bisa mencapai 10 mil dari bibir pantai.

“Biasanya, kami melaut 15 mil hingga 20-an mil. Bahkan lebih jauh lagi. Bukan hanya menyebabkan kami tak bisa berlayar jauh, kondisi tangkapan pun berpengaruh. Kami sangat sulit mendapatkan ikan,” jelasnya.

Pada kondisi normal, kata dia, penghasilan nelayan bisa mencapai rata-rata Rp 900 ribu per hari. Karena kondisi cuaca yang kurang bagus, penghasil nelayan menurun drastis. “Ya syukur-syukur kalau bisa dapat Rp 200 ribu per hari. Kami pastinya akan rugi karena Rp 200 ribu itu hampir impas dengan biaya operasional yang kami keluarkan,” keluhnya. (p15)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top