SDN 20 Baruga Bimbing Siswa Jadi Dai – FAJAR Sultra
News

SDN 20 Baruga Bimbing Siswa Jadi Dai

KENDARI – Meski SDN 20 Baruga atau yang lebih dikenal SD-SMP Satu Atap Baruga, terletak jauh dari pusat keramaian Kota maupun pemukiman penduduk. Namun, SDN 20 Baruga memiliki program yang tak kalah saing dengan Sekolah Dasar lain yang ada di Kota Kendari.

Suyono

Ada beberapa program yang telah digagas SD yang terletak di Nanga-nanga itu, seperti, English Day, pembimbingan dai cilik dan peogram khatam Alquran bagi siswa kelas VI.
Suyono selaku Kepala sekolah SDN 20 Baruga, mengatakan bahwa, program yang sudah mulai dijalankan tahun ini oleh SDN 20 Baruga yaitu tamat SD sudah Khatam Alquran dan Dai Cilik.

“Untuk Dai cilik dilaksanakan di setiap jumat pagi dengan bimbingan oleh guru agama islam, sedangkan untuk khatam Alquran peserta didik bisa belajar di sekolah maupun di Tempat Pengajian Al-Qur’an (TPA) yang ada dilingkungan tempat tinggalnya,” ungkap Suyono.

Kata Suyono, yang lebih menarik dari program tersebut adalah Dai Cilik. ” Peserta didik ditargetkan mampu menjadi seorang penceramahdi bulan Ramandhan nanti, pada setiap mesjid yang ada di Nanga-Nanga dan didampingi oleh guru agamanya,” ujarnya.

“Bila hal itu bisa terjadi, maka masyarakat sekitar akan terkejut, bahwa SD yang memiliki Fasilitas maupun Tenaga pendidik masih kurang, ternyata memiliki program positif yang bermanfaat bagi siswa,” terangnya.

Lanjutnya, dengan begitu masyarakat tidak sungkan untuk menyekolahkan anaknya ke SD 20 Baruga karena SD tersebut bisa membina peserta didik menjadi orang yang menjadi pusat perhatian di tengah masyarakat.

“Tidak menutup kemungkinan, orang yang tinggalnya di keramaian kota, akan menyekolahkan anaknya ke sini. Output hasil didikan pastinya akan kembali ke masyarakat,” ungkap kepala sekolah yang baru di lantik Januari itu.

Sedangkan untuk Englis Day sementara di bahas, karena SD 20 Baruga masih kekurangang guru Bahasa Inggris. “Bila guru Bahasa Ingrisnya sudah ada, program ini akan kami jalankan dan sukseskan,” terangnya.

Pihaknya berharap, program yang sudah digagas berjalan lancar tidak ada hambatan, sehingga bisa mengangkat nama SD 20 Baruga bukan saja di Kota Kendari tetapi juga di tingkat nasional. (p11/b/alp)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top