DPC PDIP  Merasa Terganggu – FAJAR Sultra
News

DPC PDIP  Merasa Terganggu

KENDARI – Dewan Pimpinan Daerah PDIP Sultra menyampaikan hasil rapat koordinasi dengan dewan pimpinan cabang(DPC) PDIP se-Sultra. Rapat koordinasi yang berlangsung Kamis (2/3) di Kantor PDIP Sultra itu membahas tentang evaluasi pelaksanaan pilkada 2017.

Dalam pertemuan tersebut, sebagian DPC PDIP di Sultra merasa terganggu dengan klaim pihak eksternal partai yang menyebutkan adanya ‘matahari kembar’ di PDIP Sultra. Matahari kembar yang dimaksud adalah adanya dua kekuatan di PDIP Sultra antara kubu Hugua dengan kubu lain.

Selain mengeluhkan tentang ‘matahari kembar’, muncul pula isu yang menyebutkan bahwa internal PDIP Sultra memiliki faksi-faksi.

“Saya sampaikan di sini bahwa isu tersebut tidak benar. PDIP Sultra tidak ada perpecahan. Bahkan sampai rapat kemarin membuktikan, PDIP di tingkatan DPD dan DPC masih solid,” jelas Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional PDIP Sultra Asmin.

Asmin mengaku sudah mendengar isu adanya pihak di luar struktur partai yang bisa menggaransikan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah mendapatkan pintu PDIP. Ia meminta supaya kandidat tidak percaya garansi tersebut.

Untuk mendapatkan dukungan partai, katanya seorang kandidat kepala daerah dan wakil kepala daerah harus melalui mekanisme yang berlaku di internal partai. Olehnya itu, manakala ada kandidat yang mendapatkan janji seperti itu segera melapor ke kantor DPC PDIP kabupaten kota se-Sultra dan kantor DPD PDIP Sultra.

“Kalau ada sejumlah pihak meminta sejumlah uang dari calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, segera laporkan ke kantor PDIP Sultra atau kantor DPC PDIP,” ulasnya.

Pihaknya sudah mendengar rumor yang menyebutkan adanya pihak eksternal yang meminta sejumlah dana kepala kandidat tertentu supaya bisa mendapat pintu PDIP dalam pilkada. Hanya saja, rumor tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya.

“Karena sampai hari ini, kita belum dapatkan bukti-bukti,” jelasnya saat ditemui di Kantor PDIP Sultra, Jumat (3/3).

Wakil Sekretaris Bidang Eksternal PDIP Sultra Ferry Abriaman Maleppe mengatakan kalau ada calon kepala daerah yang berusaha meraih pintu partai tanpa melalui mekanisme di internal partai maka DPP pasti akan menolak.

“Langkah itu akan ditolak. Sebab DPP PDIP sudah memberikan jaminan akan menolak pencalonan kandidat yang tidak melewati mekanisme di internal partai,” pungkasnya. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top