2016, Dua Bayi Meninggal Setiap Bulannya – FAJAR Sultra
News

2016, Dua Bayi Meninggal Setiap Bulannya

DARSO/BERITA KOTA KENDARI
WORKSHOP KEBIDANAN. Bupati Buton Utara, Abu Hasan saat menyampaikan pandangannya dalam workshop kebidanan yang digelar di Aula Bappeda Butur, Sabtu (18/3).

BURANGA, BKK- Sepanjang 2016 lalu, tercatat sedikitnya 25 bayi di Buton Utara meninggal dunia atau dua bayi meninggal setiap bulannya. Di tahun yang sama, juga tercatat 3 ibu meninggal saat melahirkan.

Angka kematian ibu dan anak ini dianggap cukup tinggi dan mengundang keresahan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Butur. Hal itu kemudian mendorong IBI Butur menggelar workshop bagi 185 bidan se Butur.

Ketua panitia workshop, Samsidar mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterampilan para bidan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ajang ini juga dijadikan silaturahim bagi para bidan.

“Kita berharap para bidan semakin meningkat keterampilannya dan nantinya mampu bekerja menekan angka kematian ibu dan bayi. Kita jelas ingin tak ada lagi ibu yang meninggalkan saat melahirkan atau bayi yang meninggal karena masalah kesalahan perawatan saat dalam kandungan atau setelah dilahirkan,” kata Samsidar di sela-sela workshop yang digelar di Aula Bappeda Butur, Sabtu (18/3).

Ketua IBI Butur, Suwiati menjelaskan, jumlah bidan yang ada di Butur sampai saat ini sebanyak 247 orang. Terdiri atas bidan PNS 60 orang, pegawai tidak tetap 58 orang dan honorer 129 orang. Mereka tersebar di seluruh fasilitas medis yang ada di Buton Utara.

Sementara itu, Bupati Buton Utara Abu Hasan mengatakan, bidan adalah profesi mulia yang tidak semua orang bisa mengembannya. Dia mengatakan, pemerintah akan selalu berada di depan untuk meningkatkan kualitas SDM para bidan, maupun kesejahteraannya.

Pada kesempatan itu pula, pria berkacamata ini mengungkapkan bahwa belum lama ini dia diundang oleh Menteri Kesehatan untuk menerima surat keputusan pengangkatan 58 bidan PTT sebagai PNS. Dia juga menerima SK pengangkatan dokter umum 2 orang dan dokter gigi 4 orang, yang akan ditempatkan di Butur. (cr10/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top