Mahasiswa UHO Dibimbing Buat Mesin Tetas – FAJAR Sultra
News

Mahasiswa UHO Dibimbing Buat Mesin Tetas

KENDARI – Untuk menumbuhkan jiwa kraetif, inovatif dan berdaya saing, Lingkar Studi Penalaran Ilmiah dan Kewirausahaan Fakultas Pertanakan (Lispikter) melakukan pelatihan pembuatan mesin tetas kepada sekira 63 mahasiwa yang datang dari berbagai Jurusan dan Fakultas yang ada di UHO.

Tema yang diusung adalah “Membangkitkan Jiwa Wirausaha Muda, Kreatif, Inovatif, dan Mandiri.

Ketua Panitia Kegiatan, Brahman, mengatakan bahwa, pelatihan pembuatan mesin tetas, tidak lain untuk memberikan keterampilan dan membangkitkan jiwa wirausaha muda dikalangan mahasiswa sedini mungkin.

“Jadi selain melatih mahasiswa, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha muda yang memiliki kreatifitas, inovatif dan mandiri, di Era Globalisasi saat ini,” ucapnya.

Melihat realita sekarang, Kata Brahman, sebagai mahasiswa peternakan harus mengetahui tata cara pembuatan mesin tetas, yang bisa menjadi modal setelah lulus nanti.

“Cara pembuatannya sederhana, tinggal menyediakan tripleks atau gardus sebagai dinding mesin tetas, kemudian termometer untuk mengukur suhu dalam mesin tetas, lampu sebagai energi penghangat dan termostad untuk mengatur suhu agar selalu dalam kisaran suhu tertentu,” jelasnya dengan tenang.

Dirinya mengungkapkan, mahasiswa harus kreatif, maksudnya mahasiswa harus berjiwa kreatif dengan membuat hal-hal baru atau mengusahakan sesuatu yang bisa membawa manfaat. Kemudian, berjiwa inovatif maksundnya, bagaimana ide-ide yang didapatkan, bisa dikembangkan melalui usaha, seperti melakukan penjualan anak ayam maupun menjual mesin tetas yang tealh dibuat.

“Kami selaku ketua panitia berharap melalui kegiatan ini, panitia maupun peserta bisa mendapatkan ilmu pembuatan mesin tetas, sehingga skill keahlian yang diperoleh mahasiswa bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk berwirausaha,” ungkap mahasiwa Peternakan semester empat tersebut.

Katanya, ada sekira 63 orang mahasiswa dari berbagai Fakultas di Universitas Halu Oleo yang mengikuti pelatihan tersebut, selain dari Fakultas Peternakan sendiri, ada juga dari Fakultas Hukum, Fakultas Perikanan, Fakultas Kesmas, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Administrasi dan terakhir Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top