Safei Tak Inginkan Ada Tender Fisik Dana Desa – FAJAR Sultra
News

Safei Tak Inginkan Ada Tender Fisik Dana Desa

ARMIN/BKK
Ahmad Safei

KOLAKA, BKK- Bupati Kolaka H Ahmad Safei menegaskan bahwa dirinya tidak mau lagi mendengar ada proses tender bangunan fisik menggunakan dana desa. Dana desa hanya untuk kegiatan padat karya.

“Saya minta seluruh camat untuk perhatikan ini. DMPD (Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa) segera buat Juknis. Jangan lagi ada tender. Kalau masih ada, BPKAD saya perintahkan tolak itu laporannya. Kembalikan saja,” tegas Ahmad Safei pada acara Musrembang, Jumat (23/3).

Larangan ini disampaikan menurut Safei, berdasarkan hasil pertemuannya dengan pihak Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan tersebut, menteri desa, Eko Sandjojo menegaskan bahwa penggunaan dana desa hanya untuk kegiatan padat karya, bukan dalam bentuk tender.

“Begitupun materialnya. Kalau di desa itu terdapat pasir dan batu, itu yang digunakan, jangan ambil dari luar. Sama halnya semen dan besi beli di situ. Kecuali tidak ada toko di situ yang jual semen dan besi, baru bisa beli di luar,” tegasnya.

Bupati juga memperingati para kepala desa agar tidak menunda atau menahan pencairan dana desa. Sebab dana desa tidak semua berasal dari APBN, tapi juga sebagian dari APBD, sehingga Kades tidak bisa bertindak seenaknya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Akbar mengakui masih ada desa yang belum menjalankan prosedur penggunaan dana desa dengan benar. Hal ini disebabkan faktor SDM desa. Karena itu, DPMD terus berupaya memberikan pemahaman kepada para Kades agar bisa mengelola dana desanya secara benar. (r3/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top