Soal Cabai, Bupati Butur Bilang….. – FAJAR Sultra
News

Soal Cabai, Bupati Butur Bilang…..

KENDARIPOS>CO.ID BURANGA- Gerakan Tanam (Gertam) Cabai di pekarangan rumah dan pada lahan tidur mulai digalakan Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur). Program tersebut merupakan upaya pemerintah daerah memenuhi kebutuhan komoditi cabai secara mandiri yang harganya akhir-akhir ini kerap melambung tinggi.

Untuk menyukseskan program tersebut, Bupati Kabupaten Buton Utara, Abu Hasan mengajak seluruh warganya bercocok tanam cabai di pekarangan rumah masing-masing atau pada lahan tidur yang belum dimanfaatkan.

Bupati Buton Utara, Abu Hasan mengatakan, harga cabai yang fluktuatif bahkan cenderung mahal di waktu-waktu tertentu harus menjadi perhatian khusus. Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan cabai bukan hal susah, masyarakat bisa menanamnya secara mandiri. “Kalau masyarakat tanam cabai, sayur atau jagung akan menambah penghasilan dan mengurangi belanja ibu rumah tangga sekaligus mewujudkan Butur sebagai lumbung pangan organik.

Gerakan tanam cabai yang menjadi pelaku utamanya bukan hanya petani. Tetapi, ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) harus pro aktif menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing,” pesan Abu Hasan saat menghadiri Gerakan Menanam Cabai di Desa Elhaji, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara, Minggu (26/3).

Mantan Karohumas Pemprov Sultra ini menambahkan, cabai memegang peranan penting dalam memacu inflasi. Karena itu masyarakat diharapkan dapat menciptakan swasembada pertanian sehingga memenuhi kebutuhannya secara mandiri.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Buton Utara, Sahrun Akri mengatakan, untuk menyukseskan gerakan tanam cabai, pihaknya menyiapkan dua ribu bibit unggul. Untuk tahap awal, setengah hektar lahan bakal ditanami cabai menggunakan bibit unggul untuk menghasilkan komoditi melimpah. (c/had)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top