Diknas Akui Dana Sertifikasi Lambat Cair – FAJAR Sultra
News

Diknas Akui Dana Sertifikasi Lambat Cair

RAHA, BKK- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna saat ini masih menunggu surat keputusan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengenai pencairan dana sertifikasi guru untuk triwulan pertama 2017 ini. Sambil menunggu turunnya legitimasi pencairan dana sertifikasi itu, Diknas juga melakukan pendataan jumlah guru penerima sertifikasi.

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagakerjaan, Diknas Muna, LM Masrul mengatakan, jumlah guru penerima sertifikasi yang terdata sebanyak 1.207 orang. Namun jumlah tersebut dipastikan bertambah mengingat tahun ini ada lagi guru yang sudah lolos dalam pemberkasan sertifikasi.

“Yang 1.207 guru itu data 2016. Tahun ini pasti bertambah. Tapi kita belum tahu berapa penambahannya, karena kita masih input data,” terang Masrul.

Adapun dana sertifikasi yang harus disiapkan paling banyak Rp 30 miliar. Dia pun tidak membantah jika terjadi keterlambatan pencairan dana sertifikasi guru. Tapi hal itu lebih disebabkan tranfer dana dari pusat yang memang juga terlambat.

“Kalau dana dari pusat terlambat masuk ke kas daerah, pasti di sini terlambat juga,” terang Masrul.

Mengenai adanya sisa anggaran tunjangan sertifikasi guru tahun 2016 sebesar Rp 33 miliar, Masrul mengatakan hal itu sebenarnya lebih memudahkan pemkab dalam pencairan. Namun dia berharap para guru tetap bersabar menunggu cairnya dana sertifikasi yang terhitung tiga bulan itu, yakni Januari, Februari dan Maret.

“Diknas nanti mengajukan permintaan kepada bank untuk dibayarkan kepada guru. Pihak bank lah yang mentransfer langsung dana sertifikasi ke rekening masing-masing penerima. Jadi dananya tidak ada di Diknas,” pungkas Masrul. (r1/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top