Jembatan Sungai Tamboli Putus – Fajar Sultra
News

Jembatan Sungai Tamboli Putus

KOLAKA – Jembatan Sungai Tamboli yang terletak di Desa Tamboli, Kecamatan Samaturu, putus setelah diguyur hujan yang terjadi Sabtu (1/4) dini hari. Akibatnya jembatan yang menghubungkan Kecamatan Samaturu dan Wolo itu lumpuh total karena ambles.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kolaka, Amri mengatakan, setelah mendapat informasi mengenai ambruknya jembatan Tamboli yang diperkirakan terjadi sekitar pukul 03.00 Wita itu, pemerintah Kabupaten Kolaka di bawah kendali Asisten I langsung melakukan koordinasi ke SKPD terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Kemudian hasil laporan dimaksud diteruskan ke balai Kementrian PU di provinsi Sultra, Satker P2JN,” jelasnya, Sabtu (1/4).

Dikatakan, informasi terakhir yang diperoleh bahwa pihak Satker sudah menindaklanjuti dengan menurunkan alat berat yg dibutuhkan.

Menurutnya, amblesnya jembatan sungai Tamboli harus segera di tindak lanjuti agar arus lalu lintas dapat kembali normal paling tidak untuk saat ini jembatan itu bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

“Saat ini masyarakat bergotong royong untuk membuat titian. Untuk sementara kendaraan roda 4 melintas lewat jalan alternatif yang disediakan tapi agak jauh memutar,” katanya.

Amri juga menambahkan, pemkab Kolaka di bawah kendali Asisten I berupaya mengatur arus kendaraan khususnya penumpang angkutan umum dengan cara saling bertukar penumpang. Selain itu lanjut Amri, tim teknis dari Satker P2JN sudah berada di lokasi dengan membuat titian sementara agar arus kembali normal, sambil menunggu dikerjakan yang permanen.

“Karena jalan ini tidak memiliki jalur altetnatif, maka angkutan umum dari arah utara (Kolut, Iwoimendaa, Wolo dan Samaturu) yang akan masuk ke Kolaka untuk menurunkan penumpang di seberang jembatan kemudian dijemput oleh angkutan umum dari kolaka yang menuju ke utara. Begitu pun sebaliknya termasuk penumpang yg akan ke Kolut,” tutupnya. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top