Polda Gagas Car Free Day – Fajar Sultra
News

Polda Gagas Car Free Day

KENDARI – Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara menggagas program Car Free Day (CFD) atau hari bebas Kendaraan bertempat di titik senteral Kota Kendari. Ini adalag inovasi Polda dari beberapa inovasi program sebelumnya.

Direktur lalu Lintas Polda Sultra Kombes Pol Wisnu Putra SIK mengungkapkan program Car Free Day bersinergi langsung dengan Pemerintah Provinsi Sultra, Pemerintah Kota Kendari serta stakeholder terkait.

Kiranya dalam peta lanjut Wisnu, kurang lebih satu kilometer arus jalan yang akan digunakan oleh warga yang ingin mengikuti CFD yaitu di Seputaran Tugu MTQ dan Taman Kota Kendari.

“Lokasi itu dipilih kerana tempat yang sentral di Kota kendari yang ramai digemari oleh warga Kota atau menjadi tempat perhatian masyarakat. Jadi tidak harus jauh-jauh ditempat itu semuanya ada,” kata Wisnu Putra SIK saat dikonfirmasi disrela-sela rapat koordinasi penggagagasan program Car Free Day dengan stek holder terkait, Senin (3/4).

Rencananya terang Wisnu, kegiatan Car Free Day akan dilaksanakan setiap hari Minggu mulai dari pukul 06.00-10.00 Wita. Untuk pertama kalinya CFD akan dibuka oleh Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto SIK.

“Untuk kepastian akan dimulai kita belum pastikan karena masih akan dirapatkan kembali dengan stek holder. Tentang hal-hal yang harus dilengkapi atau dipersiapkan pada pelaksanaan kegiatan setiap minggunya ini,” ujarnya.

Menurut Wisnu, kegiatan Car Free Day memiliki banyak manfaat yaitu sebagai sarana olahraga, komunikasi dan silaturahim serta menyehatkan. Selain itu kegiatan itu melibatkan stek holder untuk ambil bagian atau menampilkan kegiatannya guna mendukung perekonomiannya Masyarakat.

“Bagi kelompok usaha atau perusahaan yang ingin memamerkan produknya atau usahanya dipersilahkan untuk ikut entah itu dari Dialer, Bank dan sebagainya. Ditambah lagi para penjual makanan secara langsung pendapatan juga meningkat,” tuturnya.

Kegiatan Car Free Day kali ini akan diperluas dari taman kota hingga SSDC. Pelaksana juga telah menyediakan kantong parkir yang lebih luas untuk menampung semua kendaraan. Karena, kendaraan tidak dibolehkan untuk diparkir disekitar lokasi CFD nanti.

Sedangkan pada hari pembukaan nanti beber Wisnu, Polda Sultra akan mempertontonkan beberapa kegiatan. Daintaranya peragaan safety tuding, senam kebugaran, peragaan Pocil, penampilan marchin band, paduan suara dan molulo bersama.

Untuk itu Dir Lantas Polda Sultra berharap agar pelaksanaan CFD berjalan maksimal dan efektif. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top