Dewan akan Panggil Kepala SMAN 1 Raha – Fajar Sultra
News

Dewan akan Panggil Kepala SMAN 1 Raha

FITRI/BERITA KOTA KENDARI
DENGARKAN KELUHAN SISWA. Anggota DPRD Sultra, LM Taufan Alam saat berbicara dengan siswa SMAN 1 Raha, yang mengeluhkan buruknya pengelolaan sekolah mereka, Kamis (6/4).

RAHA, BKK- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Tenggara berjanji akan segera memanggil Kepala SMAN 1 Raha, Muhidin untuk menjelaskan berbagai keluhan yang sebelumnya disuarakan para siswa melalui aksi demonstrasi.

Janji tersebut diungkapkan anggota DPRD Sultra, LM Taufan Alam, usai melakukan kunjungan kerja ke SMAN 1 Raha, Kamis (6/4). “Saya akan tindaklanjuti masalah ini sampai tuntas di provinsi. Kita akan panggil Kasek dan guru. Apa yang menjadi tanggungjawab sekolah, harus dipertanggungjawabkan,” kata Taufan dalam pertemuan dengan sejumlah siswa yang difasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna.

Mantan anggota DPRD Muna ini mengatakan, pengakuan para siswa soal kondisi SMAN 1 Raha ini sangat mengejutkan dan di luar dugaan. Pasalnya, di mana-mana SMAN 1 selalu jadi favorit dan menjadi kebanggaan masyarakatnya.

Dia juga menyayangkan kurangnya perhatian pihak sekolah telah mengakibatkan minimnya prestasi para siswa di tingkat regional maupun nasional. Padahal setahunya, SMAN 1 Raha dulunya terkenal mencetak siswa-siswa berprestasi di berbagai perlombaan.

“Saya minta adik-adik percayakan kepada kami untuk menangani masalah ini. Tetaplah belajar dengan baik,” katanya.

Di awal pertemuan, para siswa yang diwakili oleh pengurus Majelis Permusyawaratan Kelas kembali menyampaikan borok yang terjadi di lingkungan sekolah mereka. Mulai tidak transparannya dana Biaya Operasional Sekolah, terutama dana Rp 1,4 juta per siswa, kekurangan mobiler sekolah hingga pengadaan bak sampah dan buku pelajaran dari swadaya siswa, WC yang mampet hingga ruang kelas yang dipakai pesta miras oleh oknum preman di waktu malam.

Selain itu, mereka juga mengeluhkan tidak adanya dukungan pihak sekolah untuk siswa yang ingin mengikuti perlombaan, baik tingkat provinsi maupun nasional. Kalau pun mereka ikut, itu karena dibiayai pakai uang pribadi.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Kadis Diknas, La Ege, Sekretaris Diknas, Ashar Dulu dan Kabid Tehnis Ketenagaan LM Masrul. Sementara Kepala SMAN 1 Raha, Muhidin tidak hadir.

La Ege menjelaskan, dalam penyusunan kegiatan yang dibiayai dana BOS, OSIS seharusnya diikutsertakan. “Kita juga akan tindaklanjuti masalah ini, sekaligus memantau perkembangan kasus ini hingga tuntas. Agar hal seperti ini tidak terjadi lagi,” katanya. (r1/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top