Bulog Siap Tampung Produk Pertanian Organik – FAJAR Sultra
News

Bulog Siap Tampung Produk Pertanian Organik

DARSO/BERITA KOTA KENDARI
KERJA SAMA. Bupati Butur Abu Hasan dengan Kepala Bulog Sultra, La Ode Ami Jaya menandatangani nota kesepaahaman terkait penampungan hasil produk pertanian organik dari Butur di gudang Bulog, di Rujab Bupati Butur, akhir pekan lalu.

BURANGA, BKK- Pemerintah Kabupaten Buton Utara terus melakukan upaya untuk menyukseskan target Butur sebagai lumbung pangan organik di Sulawesi Tenggara. Kali ini, Pemkab menggandeng kerja sama dengan Badan Urusan Logistik Sultra untuk memecahkan masalah penampungan sekaligus pemasaran produk organik.

Kerja sama tersebut diteken oleh Bupati Kabupaten Buton Utara, Abu Hasan dan Kepala Bulog Sultra, La Ode Ami Jaya Kamaludin, di Rujab Bupati Butur, Sabtu (8/4). Kepada media Abu Hasan mengatakan, dengan kerja sama ini, para petani tidak perlu lagi cemas.

Mereka hanya harus fokus menanam dan memanen. Selanjutnya, akan diurus oleh pemerintah. “Petani tak perlu takut bercocok tanam pangan organik. Jika panen kelak, telah ada yang siap membeli dengan harga yang cukup menjanjikan,” kata Abu Hasan.

Kepala Bulog Sultra La Ode Ami Jaya Kamaludin menuturkan, pihaknya bersedia menampung seluruh komoditi organik Butur, khususnya, beras dan jagung. Tak hanya itu, jika petani Butur bersedia bersinergi dengan Bulog, pihaknya siap memberikan modal tambahan untuk membiayai pembukaan lahan hingga pasca panen, melalui kerja sama dengan perbankan.

“Nantinya petani mengganti pinjamannya tak menggunakan uang tunai. Tetapi, dengan hasil panennya sesuai dengan takaran pinjamannya ke Bulog,” urainya.

“Jika petani sudah panen, silahkan bawa ke Bulog. Kami siap menampungnya dengan harga yang pantas. Terutama jagung hibrida dan beras. Apalagi Butur terkenal dengan beras merahnya,” sambungnya.

La Ode Ami Jaya juga mengajak masyarakat Butur untuk membuka Rumah Pangan Kita (RPK). RPK merupakan program Bulog untuk mensejajarkan harga komoditi di seluruh tanah air.

“RPK adalah solusi bagi ibu-ibu rumah tangga yang tak bisa berdagang, bisa beralih buka toko RPK untuk menambah penghasilan yang isinya cuma beras dan gula pasir,” terangnya. (cr10/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top