Berteman dengan Pelaku Curanmor, Seorang Pemuda Ikut Tertangkap – Fajar Sultra
News

Berteman dengan Pelaku Curanmor, Seorang Pemuda Ikut Tertangkap

KENDARI – IK (26) adalah seorang anak yang lahir di Kecamatan Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Dia ditangkap oleh Tim Buruh sergap (Buser) Polres Kendari karena terlibat kasus kejahatan pencurian kendaraan roda dua (Curanmor).

IK ditangkap di kediamannya di Andoolo, Konsel, Minggu pagi (9/4) sekitar pukul 08.00 Wita. Pemuda lulusan SMA ini tidak pernah memiliki niat untuk berbuat jahat, hanya karena berteman dengan pelaku kejahatan, sehingga dia terjerumus dalam lembah hitam.

Kasat Reskrim Polres Kendari, AKP Yunar HP Sirait melalui Kasat BIN Reskrim Polres Kendari, Iptu Abd Harist menuturkan, penangkapan terhadap IK bermula dari laporan warga yang dirugikan akibat perbuatan dari para pelaku.

Kejadian curanmor tersebut bermula pada April 2015. Menjelang Maret 2017 Aparat Polsek Kemaraya menangkap tersangka dalam kasus yang sama.

“Jadi dia hasil pengembangan dari Polsek Kemaraya sehingga mengarah pada nama Ik,” katanya.

Pengakuan pelaku kepada Rakyat Sultra, dia terjebak di lembah hitam karena diajak temannya berinisial RA. RA adalah pelaku utama saat ini masih dalam pengejaran Kepolisian.

Bermula dari ajakan temannya untuk ke Kota, ia diajar untuk berbuat jahat. Pada tiap aksinya, dia hanya menunggu rekannya selaku pelaku utama setelah berhasil mendapatkan barang hasil curiannya.

“IK ini hanya ikut-ikut temannya dia hanya menunggu kalau temannya sudah berhasil mengksekusi barang curiannya. Sedangkan temannya berinisial RA sudah DPO, dia ini pelaku utama, biasa di tempat kejadian para pelaku lainnya mengikuti arahannya,” tuturnya.

Ik mengaku terlibat curanmor baru pertamakalinya. Sebelumnya dia bekerja sebagai karyawan Bank Mobil. Sementara temannnya yang saat ini sudah ditetapkan DPO terlibat curanmor kurang lebih 30 tempat kejadian perkara (TKP).

“Kita masih kembangkan termasuk dimana saja motor itu dijual. Informasinya motor itu dijual dengan harga murah,” ujarnya.

Dari tangan pelaku IK, Tm Buser mengamankan barang bukti berupa satu unit Kendaraan roda dua jenis Jupiter MX. Atas perbuatannya juga pelaku terancam dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan anacaman hukuman maksimal lima tahun penjara. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top