Parah! Perambahan Hutan di Kolaka Tak Terkendali – Fajar Sultra
News

Parah! Perambahan Hutan di Kolaka Tak Terkendali

KENDARIPOS.CO.ID — Pengalihan sejumlah kewenangan daerah ke pemerintah provinsi berdampak buruk pada kondisi hutan yang ada di Kabupaten Kolaka, khususnya di Kecamatan Samaturu. Pasalnya, dengan dialihkannya kewenangan tersebut, maka pengawasan terhadap kawasan hutan semakin sulit dilakukan karena belum adanya unit kerja yang dibentuk di daerah.

“Di Samaturu itu perambahan semakin tak terkendali. Bahkan perambahan hutan sudah hampir sampai di perbatasan Kolaka Utara. Ini terjadi karena kurangnya pengawasan dari provinsi dan belum adanya unit,” ungkap H. Bakri, Asisten I Setkab Kolaka saat menyampaikan permasalahan-permasalahan yang ada di wilayah tersebut kepada Tim Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) yang melakukan kunjungan kerja dalam rangka kajian daerah.

Mantan Kadis Kehutanan Kolaka itu berharap, agar masalah perambahan hutan di Bumi Mekongga dapat diselesaikan oleh pemerintah pusat. “Kami tidak dapat berbuat banyak untuk mengatasi permasalahan perambahan hutan. Jadi kami meminta pemerintah pusat memberikan solusi. Sebab jika dibiarkan, maka dapat menimbulkan bencana,” ujarnya.

Menanggapi permasalahan itu, Deputi Bidang Sistem Nasional Sekretariat Jenderal Wantannas, Mayjend Aris Martono menyarankan agar Pemkab Kolaka segera membuat Perda terkait larangan perambahan hutan. “Kalau ada perambahan itu jangan dibiarkan. Sebaiknya semua pihak berkomitmen untuk mencegah. Kalau perlu dibuatkan Perda, siapa yang merambah akan diproses secara hukum,” tegasnya dalam acara yang turut dihadiri Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei serta pimpinan SKPD dan Muspida. (c/fad)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top