Hari Ini, USBN SMP Digelar – Fajar Sultra
News

Hari Ini, USBN SMP Digelar

KENDARI Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, telah merampungkan soal-soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SMP sederajat. Soal tersebut 25 persen soal berasal dari pusat dan 75 persen dirakit oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Hingga kini, naskah soal USBN sudah berada di masing-masing satuan pendidikan penyelenggara untuk dilakukan perbanyakan. USBN akan diikuti 5.876 siswa dari 54 sekolah negeri maupun swasta di Kota Kendari,. pada 17 hingga 19 April mendatang.

Sekretaris Panitia USBN Kota Kendari, Muchdar, mengatakan bahwa, USBN hanya mengujikan tiga mata pelajaran (mapel), yakni Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pendidikan Agama dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

“75 persen soal ujian dirakit oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), sedangkan 25 persen dari pusat ketiga mata pelajaran terkait,. MGMP atau parakit soal dilatih langsung oleh pusat sebelum merakit soal untuk tiga mapel yang masuk dalam USBN,” ucapnya.

Katanya, USBN juga menjadi salah satu penentu kelulusan siswa bersama dengan ujian sekolah, hanya saja USBN lebih ditingkatkan kualitasnya. Kelulusan siswa SMP akan dikembalikan pada sekolah masing-masing. Setiap satuan pendidikan punya kriteria berbeda-beda untuk menetukan siswanya apakah lulus atau tidak.

“Sebagai patokan penentu kelulusan siswa, akan dituangkan dalam bentuk surat keputusan kepala sekolah yang sudah dirapatkan oleh internal sekolah,” ucapnya.

Selain itu, berdasarkan kebijakan Dikmudora Kota Kendari, pengawasan USBN akan disilang antar sekolah. Format pelaksanaanya pun sama dengan Ujian Nasional (UN). Begitupun dengan format ruang ujian, jumlah peserta maksimal 20 orang dalam satu ruangan

“Semua kesiapan sudah rampungkan, tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja. Kita semua berharap tidak ada kendala dan berjalan lancar, sehingga pelaksanaan USBN berjalan sesui rencana,” ungkapnya, Kamis (13/4)

Ia menuturkan, soal-soal USBN sudah berada di masing-masing sekolah penyelenggara sejak pekan lalu dan sudah digandakan oleh Dikmudora bekerjasama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Kendari. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top