Ada Penyimpangan, Laporkan ke Kapolda – FAJAR Sultra
News

Ada Penyimpangan, Laporkan ke Kapolda

* Penerimaan Anggota Polri 2017

KENDARI – Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara mengeluarkan maklumat kepada panitia, orang tua/wali, peserta, serta pengawas internal dan eksternal penerimaan terpadu anggota Polri tahun anggaran 2017, di Panda Polda Sultra.

Maklumat tersebut berisi penerimaan anggota Polri bebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme. Serta bebas dari perilaku transaksional terkait kelulusan anggota Polri.

Atas hal tersebut, Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto menyampaikan, bagi siapa saja yang menemukan adanya oknum yang melakukan tindakan ‘bermain’ untuk meluluskan peserta tertentu, langsung laporan. Dirinya dengan tegas akan menjatuhkan sanksi tegas kepada pelaku.

Pada penerimaan anggota Polri, pihaknya akan melaksanakan pakta integritas oleh peserta, orang tua/wali, dan panitia.

“Penandatangan pakta integritas ini ditujukan agar semua menyadari dalam penerimaan Polri tidak boleh ada permainan,” tegas Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto dihadapan panitia, peserta dan orang tua/wali, Senin (17/4).

Disebutkannya, dengan pakta integritas itu dapat terwujud penerimaan anggota Polri yang diselenggarakan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta dilaksanakan secara terbuka, dengan prinsip-prinsip netral, objektif dan akuntabel.

Kepada Panitia dilarang menambah, mengurangi, merekayasa dan melakukan tindakan penyimpangan lain, dalam melakukan pemeriksaan atau penilaian terhadap peserta.

Apalagi hingga membuat janji kepada siapapun untuk membantu atau menolong kelulusan calon dengan, meminta atau menerima imbalan dalam bentuk apapun.

Orang tua/wali dan peserta tegas Kapolda, dilarang melayani, memberi janji atau imbalan dalam bentuk uang atau apapun kepada siapapun, termasuk panitia penyelenggara yang menjanjikan kelulusan dalam seleksi penerimaan. Dilarang juga menggunakan sponsorship, koneksi dan rekomendasi dengan cara menghubungi panitia dan atau pejabat yang berwenang.

Ditegaskannya, jika ada pihak-pihak yang terlibat pada penerimaan polri 2017 melakukan penyimpangan, dikenai sanksi hukum yang tegas baik sanksi pidana, disiplin dan kode etik, selanjutnya terhadap peserta yang terbukti melakukan penyimpangan akan didiskualifikasi.

“Orang tua cukup persiapkan anaknya dengan baik. Ikuti sesui dengan pakta integritas. Jangan jadi korban penipuan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab serta tidak boleh KKN. Kepada panitia juga tetap komitmen dan laksanakan tugas dengan baik, jaga kehormatan diri pribadi dan institusi jangan sampai mencoreng nama baik institusi,” imbau Andap.

Untuk diketahui di tahun 2017 ini sebanyak 1.878 peserta yang dinyatakan lolos verifikasi awal.

Ribuan peserta dari perwakilan masing-masing Polres akan mengikuti kegiatan seleksi penerimaan Polri oleh panitia, hingga beberapa hari kedepan.

Setiap rangkaian tes akan diumumkan secara lagsung melalui aplikasi Halu Haluo Polisi Polda Sultra. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top