Kemenristek Bantu Alumni PT Peroleh Pekerjaan – Fajar Sultra
News

Kemenristek Bantu Alumni PT Peroleh Pekerjaan

KENDARI – Guna membantu alumni mendapatkan pekerjaan dengan mudah, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan sosialisasi bantuan pengembangan layanan pusat karier dan pusat karier lanjutan wilayah 12, kepada sejumlah Perguruan Tinggi (PT) yang ada di pulau Sulawesi, yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Kendari, Senin (17/4).

Perlu kita ketahui bahwa untuk di wilayah XII hanya empat Perguruan Tinggi yang sudah menerapkan diri sebagai layanan pusat karier dan pusat karier lanjutan. Keempat Perguruan Tinggi (PT) tersebut yakni Universitas Halu Oleo, STIK Avicenna, Mandala Waluya dan Universitas Muhammadiyah Kendari selaku tuan rumah kegiatan.

Kepala Koordinator wilayah 12 layanan pusat karier Ary Tamtama, mengatakan kegiatan ini berasal dari Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). Melihat, masih banyaknya Perguruan Tinggi yang belum mendapat informasi tentang hibah pusat karier.

“Dikti telah melakukan sosialisasi ke berbagai daerah salah satunya di UMK Kendari. Hal ini disebabkan, karena memang masih banyak Perguruan Tinggi di Sultra belum pernah mendapatkan hibah karier,” ujarnya.

Katanya, masih banyak Perguruan Tinggi yang belum paham tentang layanan pusat karier. Dikarenakan kebanyakan komitmen Perguruan Tinggi belum fokus ke pusat karier.

“Layanan pusat karier bertujuan untuk menjembatani alumninya dengan dunia kerja. Selama ini, setelah diwisuda, alumni dibiarkan saja. Mendapatkan pekerjaan ataupun tidak sudah bukan menjadi urusan Perguruan Tinggi,” jelasnya.

Lanjut Aryt Tamtama, layanan pusat karier mempunyai tanggung jawab yakni alumninya harus diantar sampai bekerja, paling tidak memberikan informasi dimana harus bekerja guna membantu alumni mendapatkan pekerjaan.

“Semoga Perguruan Tinggi yang sempat mengikuti sosialisasi, setelah pulang bisa membentuk pusat kariernya. Di Wilayah XII, Perguruan Tinggi yang sudah terbentuk pusat kariernya hanya di UHO, UMK, STIK Acivena dan Madala Waluya. Semua sudah pernah mendapatkan hibah, karena mereka sudah terbentuk pusat kariernya,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, agar setiap kampus harus memiliki pusat karier, sehingga alumni tidak dibiarkan sendiri mencari pekerjaan, kerena semua masih tangung jawab Perguruan Tinggi. (RS)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top