Pemkot Berikan Perlindungan Terhadap Hak Anak – FAJAR Sultra
News

Pemkot Berikan Perlindungan Terhadap Hak Anak

KENDARI – Memberikan perlindungan terhadap hak anak, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menyosialisasikan Undang-undang (UU) perlindungan anak.

“Ada 31 point menjadi hak anak yang harus dipenuhi dan itu sudah tertuang dalam dalam UU,” tutur Sekda Kota Kendari, Dr Alamsyah Lotunani SE MSi, selaku pemateri pada sosialisasi yang di gelar Pemkot Kendari.

Ia menuturkan, dalam pemenuhan hak anak bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, namun juga masyarakat, keluarga, bahkan dunia usaha sekalipun.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama, seperti dunia usaha kalau mereka bisa cipatakan dunia bermain, dan itu di Kota Kendari silahkan ciptakan. Karena itu juga menjadi hak anak untuk menadapatkannya,” tuturnya.

Dia melanjutkan, sebab seluruh anak di Kota Kendari maupun di Sultra pada umumnya, anak berhak memiliki baik itu pendidikan yang baik, kesehatan layak, serta perlindungan dari kekerasan maupun ancaman.

Jika anak berurusan dengan hukum, masih dia, maka tidak serta merta disamakan seperti hukum untuk orang dewasa. Namun memiliki aturan tersendiri baik di kepolisian maupun di rumah tahanan.

“Itu juga dalam rangka agar tidak membuhun karakter mereka, karena mereka adalah penerus bangsa, anak harus memiliki rasa tanggung jawab dan kita sebagai pemerintah, tidak bisa lepas tangung jawab mereka adalah keluarga dan harapan negeri ini,” jelas Alamsyah.

Ia berharap, agar kelak anak-anak yang ada di Kota Kendari, dapat tumbuh menjadi anak yang bertanggung jawab, dan menjadi harapan bangsa kedepan, tidak adalagi anak yang harus menerima kekerasan ataupun terkucilkan di lingkungannya sendiri.

“Siapa tau anak-anak kita nanti kedepannya ada yang jadi menteri, bahkan presiden, dan itu adalah harapan kita bersama,” harapnya.

Sementara itu, Muhammad Ali dari anggota Komisi satu DPRD Kota Kendari yang turut hadir pada sosialisai, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, sebab sudah seharusnya pemerintah mensosialisasikan UU tersebut, agar masyarakat tau betul dan faham yang menjadi hak anak.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kita ingin menjaga anak-anak kita kedepan agar tumbuh dewasa menjadi penerus bangsa, agar anak-anak kita terbebas dari intimidasi, eksploitasi. Hak pendidikan mereka terima 31 hak anak itu harus mereka terima,” tutupnya.(rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top