PU Aspal 40 Km Jalan Tahun Ini – FAJAR Sultra
News

PU Aspal 40 Km Jalan Tahun Ini

DARSO/BKK
Wawan Wardaya

BURANGA, BKK- Pemerintah Kabupaten Buton Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang akan melakukan pengaspalan jalan sepanjang 40 kilometer di tahun 2017 ini. Anggarannya mencapai Rp 30 miliar.

Pengapsalan jalan ini merupakan bagian program pemerintahan Abu Hasan dan Ramadio dalam pengembangan infrastruktur. Kepala Dinas PU Butur, Wawan Wardaya di ruang kerjanya, Rabu (19/04) mengatakan, pengaspalan jalan itu meliputi jalur Kulisusu menuju Pelabuhan Waode Buri (Kulisusu Utara) dan beberapa ruas jalan dalam kota serta jalan Waode Buri menuju Desa Petetea.

“Dari Kulisusu menuju pelabuhan Waode Buri ada 16 km. Selanjutnya dari Desa Waode Buri menuju Desa Petetea ada 24 km. Jadi totalnya 40 km dengan anggaran 30 miliar,” ungkapnya

Wawan menargetkan kegiatan pengaspalan sudah dimulai pada Mei nanti. Adapun jenis aspal yang digunakan adalah Aspal Buton (Asbuton).

Untuk jalur Kulisusu-Waode Buri, tambah dia, telah dilakukan uji coba ketebalan aspal di samping kantor dinas PU. Hal itu guna mengontrol kualitas dan kuantitas aspal jalan di jalan kabupaten tersebut. Pengujian kualitas dan kuantitas dilihat dari kualitas material jalan, ketebalan, uji ekstrasi, dan kontur aspalnya.

“Beberapa waktu lalu, bersama pak bupati, telah dilakukan uji ketebalan Aspal untuk jalur Kulisusu Waode Buri. Cukup tebal hamparan dengan ketebalan 4 centimeter. Sementara untuk jalur Waode Buri-Desa Petetea, digunakan Butur Seal,” pungkasnya.

Kedepannya, lanjut Wawan, pihaknya mengupayakan sekitar 80 persen jalan di Butur bisa teraspal. Jalan di Butur sendiri sepanjang 623 km. Sementara yang sudah diaspal baru 220 km.

“Hitung-hitungannya baru 40 persen jalan yang teraspal. Jadi Insya Allah kita akan usahakan minimal bisa capai 80 persen untuk beberapa tahun ke depan. Meskipun itu membutuhkan anggaran ratusan miliar,” tegasnya. (cr10/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top