Siswa Memungkinkan Tak Lulus USBN – Fajar Sultra
News

Siswa Memungkinkan Tak Lulus USBN

KENDARI – Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP di Kota Kendari sudah berakhir, dimana 25 persen soal ujian berasal dari pusat dan 75 persennya disusun oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Dikmudora). Pemeriksaan soal sepenuhnya akan serahkan kesatuan pendidikan masing-masing.

Saat ditemui Ketua Panitia USBN Dikmudora Kota Kendari Makmur Tote, mengatakan ujian sekolah berstandar nasional yang berlangsung selama tiga hari berjalan lancar dan aman.

“Pemeriksaan soal ujian dimulai besok pada satuan pendidikan masing-masing. Nomor ujian siswa digunting, sehingga guru yang memeriksa tidak mengetahui bahwa soal yang diperiksa atas nama siapa. Maksudnya, integritas kejujuran sangat dibutuhkan disini,” ujarnya.

Katanya, ujian sekolah merupakan penentu kelulusan. Jadi, setiap satuan pendidikan sudah menetukan kriteria kelulusan bagi siswanya. Lanjut Makmur, kriteria kelulusan ada dua yaitu kriteria kelulusan ujian sekolah dan kriteria kelulusan lulus dari satuan pendidikan.

“Jadi, kalau siswa sudah lulus dari satuan pendidikan berarti sudah jelas lulus ujian sekolah. Namun, apabila siswa lulus ujian sekolah, tetapi tidak lulus disatuan pendidikan, maka yang bersangkutan tidak berhak mendapatkan ijazah,” ungkapnya, Rabu (19/4).

Dirinya mencontohkan, ketika siswa mengikuti seluruh ujian dan lulus, tetapi ada program yang tidak diikuti seperti halnya siswa tidak tidak ikut satu semester, maka siswa tersebut tidak berhak lulus.

“Kemudian, sekolah akan melihat dari segi sikap, prilaku bahkan kehadiran siswa, apakah masuk kategori baik atau tdiak. Jika masuk kategori tidak baik, maka bisa jadi siswa tidak akan lulus,” jelasnya.

Ia menjelaskan, lulus dari satuan pendidikan, berarti mengikuti seluruh program mulai dari semester satu sampai dengan semester terakhir. Kemudian sikap dan kehadirannya baik. Kalau semua dipenuhii maka siswa boleh mendapatkan ijazah. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top