Koltim Kebagian Enam Ribu Blangko KTP Elektronik – FAJAR Sultra
News

Koltim Kebagian Enam Ribu Blangko KTP Elektronik

KOLAKAPOS, Tirawuta–Tidak lama lagi, warga Koltim dapat memiliki identitas legal dan resmi. Kadis Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Kolaka Timur Anwar Hamzah mengatakan, Koltim akan kebagian enam ribu blangko KTP elektronik. Blangko itu akan diberikan dalam bulan ini.

Ia mengatakan, awalnya ia menduga hanya akan kebagian jatah tiga ribu blangko seperti daerah lainnya, tapi ternyata Kementerian Dalam Negeri memberikan kelebihan pada Koltim. “Alhamdulilah. Koltim mendapat jatah blangko KTP elektronik dua kali lipat dari target awal yang hanya tiga ribu. Yakni sejumlah enam ribu blangko KTP elektronik,” ungkapnya.

Ia mengatakan, setelah blangko tersebut sampai ke Koltim, akan secepatnya dilakukan percetakan KTP elektronik. Itupun hanya untuk warga yang telah melakukan perekaman. Karena, selama ini yang telah melakukan perekaman hanya mendapatkan surat keterangan kependudukan.

Anwar mengingatkan kepada warga Koltim yang memegang Suket, agar segera mendatangi kantor Disdukcapil untuk melakukan pencetakan KTP elektronik ketika blangkonya tersedia. Hal tersebut karena surat keterangan yang hanya bersifat sementara. “Yang jelas, cetaknya tergantung jaringan. Namun yang pasti, akan diprioritaskan terlebih dahulu pada warga yang sudah melakukan perekaman,” katanya.

Ia menargetkan dinasnya melakukan pencetakan 200 lembar KTP elektronik perhari dalam kondisi normal. Ditargetkan blangko sebanyak enam ribu lembar itu akan habis dicetak dalamw aktu satu bulan. “Jika habis, akan kembali meminta kepada Kemendagri agar Koltim diberikan lagi,” tutupnya.

Terkait warga Koltim yang belum melakulan perekaman namun sudah masuk dalam kategori wajib memiliki KTP elektronik katanya, diharapkan untuk segera melakukan perekaman. Apalagi menghadapi Pemilihan Gubernur Sultra 2018 mendatang. Sebab, jika ingin menyalurkan hak suaranya, harus memiliki KTP elektronik untuk dimasukkan dalam Daftar Penduduk Pemilih Pemula Potensial (DP4). “Jadi, sebaiknya secepatnya melakukan perekaman KTP elektronik jika tidak ingin kehilangan hak pilih nanti, baik itu di Pilgub, Pilcaleg maupun Pilpres nanti,” harapnya. (ing/c)

Kolaka Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top