Jatah Bidik Misi UHO DiKurangi – Hacked by TryDee
News

Jatah Bidik Misi UHO DiKurangi

KENDARI – Kuota penerima program beasiswa Bidik Misi di Universitas Halu Oleo (UHO) Tahun ajaran 2017/2018 mengalami penurunan dari 2.557 menjadi 1.300. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek), hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, baik internal maupun eksternal.

Saat ditemui, Kepala pengelola asrama Ibnu Sina Bidik Misi UHO Muamal Ghadafi mengatakan, adanya penurunan kuota bidik misi UHO disebabkan oleh faktor luar dan dalam.

“Dibanding tahun lalu, tahun ini penerima bidik misi menurun drastis, belum tahu persis apa penyebab turunnya kuota penerima yang dilakukan Kemenristek. Tapi dari beberapa informasi hal tersebut bisa terjadi karena jumlah kuota penerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) di UHO meningkat tahun ini, sedangkan faktor luar yakni, adanya Perguruan Tinggi baru yang menerima beasiswa bidik misi,” ungkap Muamal Ghadafi.

Katanya, dari jumla 1.300, akan diporsikan dalam beberapa tahap seleksi, mulai dari SNMPTN, SBMPTN dan SLMPTN. Namun, jumlah kuota masing-masing pihak pengelola belum mengetahui pasti jumlahnya dan hal tersebut menjadi kebijakan pihak universitas.

“Jumlah kuota yang dialokasikan itu masih sangat minim, jadi saat ini pihak bidik misi masih mengusulkan untuk penambahan jumlah kuota,” paparnya.

Dirinya saat ini sedang mengusulkan penambahan, karena kuota yang diberikan sangat minim sekali. Padahal di UHO masih banyak kategori layak untuk penerima beasiswa bidik misi.

“Biasanya perguruan-perguruan Tinggi ternama di Indonesia mengembalikan jatahnya, sehingga itu bisa dialokasikan disini Universitas Halu Oleo,” ujarnya.

Hingga kini, pendaftaran bidik misi untuk kuota SBMPTN sudah bisa dilakukan melalui jalur online, yang dimulai 17 April hingga 5 Mei 2017. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top