Ketua Komisi III DPRD Sultra Berganti – FAJAR Sultra
News

Ketua Komisi III DPRD Sultra Berganti

KENDARI – Merujuk pada keputusan rapat yang diselenggarakan oleh masing-masing fraksi dari tujuh fraksi yang ada, terjadi reposisi personalia Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Sultra terjadi perubahan.

Dari empat komisi yang ada, hanya jabatan Ketua komisi III yang bergeser yakni Tahrir Tasruddin digantikan oleh Sukarman AK. Selebihnya komisi – komisi lain masih tetap dijabat oleh ketua sebelumnya.

Sementara, perubahan AKD lainnya juga terjadi di Badan Pembentukan Perda, dimana sebelumnya dijabat oleh Johny Syamsuddin kini bergeser dan digantikan oleh H Bustam.

Pembacaan reposisi personalia AKD tersebut juga didasarkan pula pada SK nomor 4 tahun 2017 yang dibacakan langsung oleh Kabag Humas DPRD Sultra, Robert Piter Raru dalam forum rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sultra, H Abdurrahman Saleh bersama Wakilnya H Amiruddin Nurdin serta 35 anggota dewan lainnya pada Selasa (25/4) siang.

Pascapembacaan reposisi personalia tersebut, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh berharap agar nantinya dalam hal menjalankan tugas-tugas kedewanan, itu mesti ada keseimbangan.

“Misalnya, ketika sebelumnya kalau dalam perjalanan daerah keluar kota semua juga ikut keluar kota, maka diharapkan nantinya tidak terjadi lagi. Harus dibagi, kalau melakukan perjalanan dinas keluar daerah, mesti juga ada yang bertugas dalam daerah,” tutupnya.

Ditempat terpisah, Sukarman Ak selaku Ketua Komisi III yang baru saat dikomfirmasi menuturkan reposisi AKD ini merupakan program dua tahunan yang diselenggarakan di DPRD Sultra.

Menurutnya, meski reposisi personalia yang dilakukan dalam forum rapat paripurna tidak terjadi pergeseran yang cukup besar, namun yang nampak adalah pergantian di Komisi III. Baginya, ia melanjutkan reposisi ini sebagai bagian dari amanah yang baru untuk kembali melanjutkan tugas-tugas yang telah diprogramkan oleh komisi III DPRD Sultra.

“Bagi saya, tidak ada yang luar biasa dalam reposisi ini karena ini memang mekanisme yang dilakukan setiap dua tahun setengah, dan diinternal fraksi sepakat menunjuk saya untuk menduduki jabatan tersebut,” akunya.

Sementara, mantan Ketua Komisi III Tahrir Tasruddin yang kini bergeser sebagai anggota komisi II, mengaku lapas dada atas keputusan itu dan memang itu merupakan kesepakatan dalam rapat fraksi.

“Jadi, saran saya kepada ketua baru, lanjutkan program di komisi III,” tandasnya.(rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top