Konkep Dorong Pengembangan Sektor Ekonomi Kreatif – FAJAR Sultra
News

Konkep Dorong Pengembangan Sektor Ekonomi Kreatif

LANGARA – Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) semakin berbenah di berbagai sektor. Saat ini Pemkab setempat, tengah merencanakan pegembangan ekonomi kreatif sebagai lagkah menjaga kearifan lokal sekaligus memacu perekonomian masyarakat di daerah tersebut.

Demikian yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Armin SPd, Rabu (26/4). Kata dia ada tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang akan mencoba mendorong sektor ekonomi kreatif, diantaranya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) serta Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparmudora) sendiri.

“Kedepannya ekonomi kreatif di Konkep kita akan kembangkan. Ini adalah langkah untuk menjaga kearifan lokal sekaligus memacu perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Untuk langkah awal lanjutnya, kerajinan tangan yang terbuat dari bahan dasar yang diperoleh dari Wawonii sudah mulai dipamerkan pada acara-acara HUT Konkep, Dekranas, dan HUT Sultra ke-53.

“Kerajinan tangan yang dibuat oleh warga Wawonii, sudah mulai kita pamerkan di acara Halo Sultra, seperti tikar yang terbuat dari daun kolosua, boru (Tudung) dan masih banyak lagi kerajinan tangan lainnya. Kedepannya tinggal kita kembangkan,” katanya.

Ia juga berharap pembuatan kerajinan tangan ini tidak hanya dipamerkan pada momen HUT Konkep dan Sultra tetapi mampu menggerakan ekonomi masyarakat.

“Mudah-mudahan, kerajinan tangan hasil kreatifitas warga Wawonii bisa mendorong pendapatan ekonomi,” harapnya. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top