Pemprov Diminta Bahas Anggaran Pilgub 2018 – FAJAR Sultra
News

Pemprov Diminta Bahas Anggaran Pilgub 2018

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara meminta Pemerintah Provinsi Sultra supaya membahas usulan anggaran untuk membiayai tahapan pemilihan gubernur selama 2018. Hal ini penting supaya nota perjanjian hibah daerah (NPHD) pemilihan gubernur bisa diteken satu kali saja.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengaku sudah mengusulkan anggaran sebesar Rp 179 miliar untuk keperluan pembiayaan tahapan selama 2018. Harapannya, usulan tersebut bisa dibahas bersama dengan tim anggaran pemerintah daerah. Kalau anggaran sudah dibahas, maka NPHD sudah bisa ditandatangani satu kali saja dengan memuat anggaran yang digelontorkan selama 2017 dan 2018.

Hidayatullah sangat khawatir manakala NPHD yang memuat perjanjian pembiayaan pemilihan gubernur diteken dua kali. Pasalnya, pembayaran honorarium para penyelenggara di tingkat bawah mulai Januari dan Februari 2018 bisa saja telat akibat teknis penganggaran.

Menurutnya anggaran yang disetujui pemerintah provinsi baru pembiayaan tahapan pemilihan gubernur 2017. Jumlahnya pun sebanyak Rp 117 miliar. Sesuai rencana, katanya, NPHD akan diteken pada Agustus 2017. Tetapi, KPU Sultra menginginkan supaya NPHD ditandatangani Juni atau Juli 2018 sehingga sosialisasi pemilihan gubernur bisa berjalan lebih awal.

Hingga kini, anggaran pemilihan gubernur (pilgub) yang disetujui antara tim anggaran pemerintah daerah dan KPU Sultra pada 2017 sebanyak Rp 117 miliar. Dan usulan KPU Sultra pada 2018 sebesar Rp 179 miliar. Sehingga total anggaran yang dibutuhkan sebanyak Rp 296 miliar.Awalnya kata Hidayatullah, kebutuhan mereka dalam pesta demokrasi sebesar Rp 350 miliar.

“Hanya kami sudah sharing anggaran Kabupaten Kolaka, Konawe, dan Kota Baubau. Dan untuk honorarium penyelenggara, itu ditanggung kabupaten kota. Sehingga usulan kami (sebanyak Rp 350 miliar) berkurang,” pungkasnya. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top