Penambang Emas Ilegal Bakal Ditindak Tegas – FAJAR Sultra
News

Penambang Emas Ilegal Bakal Ditindak Tegas

KOLAKA – Maraknya aktivitas penambang emas ilegal di kelurahan Ulunggolaka, kecamatan Latambaga terus mendapat sorotan publik karena dikhawatirkan akan berdampak pada kerusakan lingkungan. Untuk menangani penambang emas ilegal di dalam kawasan konservasi itu, pihak Polres Kolaka bersama Pemerintah kabupaten Kolaka berjanji untuk menindak tegas penambang tersebut.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sultra, Kombes Pol. Wira Satya Triputa menegaskan, aktivitas penambangan emas di kawasan konservasi secara hukum adalah ilegal. Karena itu, pihak Polda Sultra telah melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan di Kolaka dengan harapan ada kesamaan pola tindak untuk melakukan penanganan terhadap penambangan tersebut.

“Kawasan konservasi adalah kawasan yang tidak boleh ada aktivitas apapun didalamnya, apalagi sampai lakukan penambangan tanpa ijin,” terang Kombes Pol Wira, saat ditemui di Aula Polres Kolaka, Selasa (25/4).

Menurutnya, aktivitas penambangan emas yang dilakukan secara ilegal akan berdampak pada kerusakan lingkungan serta penggunaan bahan-bahan kimia yang akan membahayakan masyarakat. Disamping itu apabila terus dibiarkan, tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan gejolak di tengah-tengah masyarakat.

“Untuk langkah kamtibmas kami serahkan kepada Polres Kolaka, tapi kami dari Polda Sultra siap memback-up,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Kolaka AKBP Dharmawan Affandy mengatakan, pihaknya akan memberikan tenggat waktu selama tujuh hari kepada warga untuk segera menghentikan aktivitas penambangan tersebut dan segera keluar dari kawasan konservasi tersebut.

“Harapan kami dalam 1 minggu ini, kita akan lakukan upaya preentif dulu berupa himbauan bahwa penambangan di kawasan konservasi itu adalah perbuatan melanggar hukum, dan itu bisa dikenakan pidana. Setelah itu baru kita lakukan tindakan preventif dan represif,” tukasnya. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top