Rumah Adat Jadi Ikon Muna di Halo Sultra – FAJAR Sultra
News

Rumah Adat Jadi Ikon Muna di Halo Sultra

RAHA – Rumah Adat Muna, menjadi ikon di stand pameran Kabupaten Muna. Rumah adat berdesain panggung minimalis ini tampak elegan dan eksotik diantara deretan rumah-rumah adat kabupaten lain di lokasi pameran, Lapangan Eks MTQ Kota Kendari.

Bangunan rumah adat berukuran 24 meter persegi (4 m x 6 m) tersebut bahan utamanya terbuat kayu jati, dinding dari anyaman bambu dan atapnya terbuat dari alang-alang. Di atas atap tampak terpampang lambang daerah Kabupaten Muna.

Hiasan ornamen-ornamen kerajinan seperti lampu hias berbahan tenun yang nampak seperti lampion, dipasang di tiang penyanggah rumah. Di lantai dasar rumah (kolong) juga dimanfaatkan secara maksimal, ada tempat menenun, kursi dan meja tamu dari jati, serta ornamen ruangan lainnya yang merupakan produk lokal dan hasil kerajinan masyarakat Muna. Sementara di bagian atas (panggung) juga dipajang produk-produk kerajinan dan tenun Muna.

Sejak dibuka Minggu (23/4) ribuan pengunjung sudah membubuhkan nama dan tandatangannya dalam buku tamu Stand Pemkab Muna. Dalam hitungan jam saja, sudah ada ratusan pengunjung yang datang. “Ini baru satu jam, sudah sekitar dua ratusan pengunjung yang masuk,”kata pemegang buku tamu di stand pameran Kabupaten Muna.

Bahkan untuk masuk ke stand pameran Kabupaten Muna, Pemkab Muna harus mengerahkan penjagaan dari Sat Pol PP untuk menjaga ketertiban. Maklum, pengunjung rela antre agar bisa ke dalam rumah adat dan melihat produk-produk hasil kerajinan masyarakat, seperti meubel jam dinding, kaligrafi, meja, kursi, hiasan dinding, papan nama, fas bunga, lampu hias, dan produk kerajinan anyaman nentu dan tenun.

Tak hanya masuk ke dalam rumah adat, namun ratusan pengunjung juga rela berdiri di luar stand pameran untuk melihat dan menikmati keindahan eksotisme rumah adat Muna. Eksotisme rumah adat Muna ini tak hanya menarik perhatian pengunjung, tapi Gubernur Sulawesi Tenggara, H Nur Alam juga menyampaikan kekagumannya terhadap gaya arsitektur rumah adat Muna yang didesain secara sederhana namun elegan.

Nur Alam bersama sang istri, Hj Tina Nur Alam dan rombongan yang berkunjung ke stand Muna, Minggu malam (23/4), sangat mengagumi bangunan tersebut. Tak hanya itu, orang nomor satu di Sultra ini juga sangat mengagumi produk-produk unggulan yang dipamerkan di dalam stand pameran.

Bupati Muna LM. Rusman Emba dan istri Yanti Setiawati Rusman, tampak mendapingi kunjungan Nur Alam di stand pameran Muna, bersama anggota DPR RI, Umar Arsal. Bahkan Nur Alam menitip pesan agar bangunan rumah adat Muna ini tidak dibongkar usai pameran. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top