Abu Hasan Angkat Bicara – FAJAR Sultra
News

Abu Hasan Angkat Bicara

BURANGA, BKK- Tulisan Kulisusu di depan stand Kabupaten Buton Utara (Butur), di arena Pemeran Pembangunan HUT Sultra ternyata menuai pro kontra di media sosial. Beberapa warga Butur mengeritik dan menganggap pemasangan kalimat Kulisusu itu sebagai diskriminasi terhadap kecamatan lainnya. Pasalnya, Kulisusu merupakan salah satu nama kecamatan di daerah tersebut.

Menanggapi hal itu, Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan pun angkat bicara. Dia menegaskan bahwa tak ada niat lain dari Pemkab dalam pemasangan kalimat Kulisusu tersebut. Itu semata-mata untuk pengenalan ikon kebudayaan.

Kulisusu, lanjut pria berkacamata, diartikan sebagai Kulit Kima (Kerang Raksasa). Sejak dulu, Kulisusu sudah menjadi salah satu ciri khas kebudayaan di Buton di bagian utara.

“Di situ tidak tertuliskan nama Kecamatan (Kulisusu). Tapi hanya Kulisusu. Itu ikon sejarah dan budaya yang perlu diperkenalkan,” jelas Abu Hasan melalui pesan Whatsapp.

Mantan kepala Biro Humas dan Ortala Pemprov Sultra itu melanjutkan, memang banyak ikon kebudayaan lainnya di Butur selain Kulisusu tersebut. Dia pun berjanji akan menggali lebih banyak kekayaan budaya yang ada di Butur.

“Tentu banyak ikon sejarah dan budaya yang lain di Butur. Ini yang sedang kita gali untuk kemudian diangkat ke permukaan,” tegasnya. (cr10/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top