Anggaran untuk PSU Bombana Masih Kosong – FAJAR Sultra
News

Anggaran untuk PSU Bombana Masih Kosong

KENDARI – KPU telah menerima salinan putusan sengketa hasil Pemilukada Bombana dari Mahkamah Konstitusi (MK), yang memerintahkan KPU Bombana untuk mengelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) ditujuh TPS.

Lantas bagaimana KPU Bombana sendiri menyikapi terkait perintah MK itu?, Ketua KPU Sultra Hidayatullah menuturkan, pihaknya bersama KPU Bombana terus berkoordinasi dengan KPU RI, untuk melaksanakan perintah MK yang menjadi urusan KPU, salah satunya adalah mengelar PSU di tujuh TPS paling lama tiga puluh hari pascakeluarnya putusan MK.

Karena itu, saat ini masalah paling urgen yang dihadapi KPU Bombana dari perintah itu adalah soal anggaran, yang akan membiayai PSU.

Sebab kata Hidayatullah, saat ini pascaKPU Bombana mengelar Pilkada Bombana Februari lalu, pihaknya di KPU Bombana sudah tidak memiliki uang kas untuk menyelenggarakan PSU.

“Makanya, kami akan kembali melakukan koordinasi dengan Pemda Bombana terkait dengan anggaran untuk PSU,” tuturnya usai menghadiri peresmian Kantor Markas Korem 143/Halu Oleo, Rabu (27/4).

Disebutkannya, saat ini berdasarkan perkiraan taksiran KPU, dana yang akan diserap pada PSU di tujuh TPS itu sekira Rp 1 miliar. Jumlah tersebut nantinya akan disampaikan ke Pemda Bombana.

Begitu juga mengenai aparaturnya yang bertugas di KPPS, PPS dan PPK, dirinya memastikan akan kembali melakukan evaluasi terhadap kinerja mereka. Jika memang dirasa perlu untuk dilakukan pengantian, maka pihaknya akan melakukan pergantian.

“Kita akan evaluasi enam PPS dan empat PPK, jika dinilai perlu diganti maka kami akan mencari pengganti PPS dan juga PPK,” sebutnya.

Aparat Kepolisian Kabupaten Bombana mulai menyiapkan personilnya untuk melakukan pengamanan di tujuh Tempat Pemungutan Suara (PSU) yang diperintahkan Mahkamah Konstitusi (MK).

Terpisah, aparat Kepolisian dari Polres Bombana kini telah bersiaga menjaga kondusifitas daerah pascaputusan MK yang memerintahkan dilakukan PSU di tujuh TPS.

Wakapolres Bombana Agung Basuki ditemui menuturkan, saat ini pihaknya menunggu arahan dari KPU terkait PSU.

Untuk mengamankan jalannya PSU Bombana di tujuh TPS, pihaknya sudah mensiagakan personel Polres Bombana berjumlah 293.

Namun jika kondisi keamanan berubah dan pihaknya kekurangan personil, maka pihaknya akan meminta penambahan personil pengamanan.

Saat ini kata Agung, personel yang sudah sedia dilapangan, terdiri satu kompi personil Brimob Polda Sultra, satu kompil Dalmas dari Polres, dan personil Polres Bombana sendiri. Adapun Kondisi terakhir Bombana masih kondusif dan aman. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top