Kelola ADD, Kades Jangan Takut Diintervensi – Hacked by TryDee
News

Kelola ADD, Kades Jangan Takut Diintervensi

KENDARI – Ketua Komisi I DPRD Sultra, Taufan Alam ST, mengingatkan para kepala desa (Kades) untuk tidak takut terhadap intervensi oknum-oknum dari pemerintah kabupaten/kota dalam mengelola anggaran dana desa (ADD) dan DD.

Pernyataan itu dilontarkan, pascpenegasan dari Gubernur Sultra Nur Alam saat menggelar pertemuan dengan para kades beberapa waktu lalu, untuk berhati-hati dalam mengelola ADD dan DD.

“Di beberapa kesempatan, saya sering mengingatkan kepada para kades untuk berhati-hati dalam mengelola ADD tersebut, ditakutkan jangan sampai nantinya berurusan dengan hukum,” tuturnya.

Taufan meyakini banyak dari para kades yang nantinya akan bermasalah dengan hukum, apabila tidak memperhatikan tiga hal berikut. Pertama, adanya ketidaktahuan para kades itu sendiri dalam pengelolaan ADD, kemudian adanya intervensi dari oknum-oknum dari pemerintah kabupaten/kota, dan yang ketiga kesengajaan kades itu sendiri.

Dan yang paling harus diperhatikan oleh para kades itu sendiri, lanjut dia, yakni intervensi dari pemerintah kabupaten/kota. Dikatakan demikian, selain pemerintah kabupaten kota tidak memiliki kewenangan untuk memberhentikan kades, jangan sampai juga atas kepentingan oknum-oknum tertentu dapat membahayakan para kades itu sendiri.

Olehnya itu, pihaknya senantiasa berharap kepada para kades, untuk bekerja sesuai dengan aturan yang telah dipaparkan dalam petunjuk teknis (juknis) pengelolaan ADD, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan itu tidak terjadi nantinya.

“Jadi, kalau ada intervensi dari pemerintah kabupaten, jangan takut lawan itu intervensi sepanjang sesuai dengan juknis,” tegas politisi Partai Demokrat ini. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top