Pol-PP Pendekatan Persuasif Sebelum Pembongkaran – FAJAR Sultra
News

Pol-PP Pendekatan Persuasif Sebelum Pembongkaran

KENDARI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kendari mengedepankan pendekatan persuasif kepada masyarakat dalam menyikapi permasalahan yang menjadi kewenangan Satpol PP dalam penegakan peraturan daerah (Perda).

Hal itu diungkapkan Kasatpol PP Kota Kendari Amir Hasan. Kata dia, dalam menjalankan tugas Satpol PP harus memastikan jika perda yang berlaku di daerah sudah ditaati semua masyarakat.

“Tugas pokok yang diamanahkan kepada Satpol PP hanya dua yaitu penegakan perda dan menjaga aset daerah,” ungkapnya.

Mantan Camat Kadia ini mengatakan, sebelum anggotanya turun melakukan penertiban, dilakukan dulu apel dan diberikan pengarahan-pengarahan bagaimana melakukan pendekatan kepada masyarakat.

“Sebelum turun operasi kami apel dulu, dan dilapangan kami mendatangi secara kekeluargaan, setelah itu kami sampaikan secara tertulis,” tuturnya.

Lebih lanjut Amir mengatakan, pendekatan persuasif kepada para pedagang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas Satpol PP menegakkan perda dan menjaga aset daerah.

“Saya sangat memahami para pedagang mencari kehidupan, sehingga Kami beri pemahaman terlebih dahulu dengan cara kami surati, sampai tiga kali jika tidak diharaukan maka pihak saya langsung bertindak,” jelasnya.

Amir mengatakan, selama dirinya melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima (PKL) seperti, penertiban pasar panjang, penertiban di Jalan Saosao, Balai Kota, Pasar Lawata, jalan lasandara dan semua jalan protokol yang keberadaan PKL sangat menggangu keindahan Kota Kendari.

“Masyarakat dan PKL agar sadar dalam menjaga tata letak Kota Kendari agar selalu terlihat rapi, sebab Kota Kendari merupakan miniatur Indonesia utamanya Sultra,” tutupnya. (rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top