Bupati Kolaka : 10 Mei, Tidak Boleh Lagi Menambang Emas ! – Hacked by TryDee
News

Bupati Kolaka : 10 Mei, Tidak Boleh Lagi Menambang Emas !

Suasana lokasi penemuan tambang emas

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas penambangan emas yang dilakukan warga di Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga dipastikan melanggar hukum. Pasalnya, lokasi penambangan berada di kawasan konservasi. Untuk itu, Pemkab Kolaka bersama pihak terkait memberikan waktu kepada penambang emas untuk segera meninggalkan lokasi. “10 Mei 2017 itu sudah tidak boleh lagi ada aktivitas penambangan di lokasi. Kalau masih ada yang mendulang, maka akan ditindak dan diproses secara hukum,” Kata Bupati Kolaka H Ahmad Safei sesuai memimpin rapat terbatas bersama aparat penegak hukum di kantornya, Jumat (28/4).

Mantan Sekab Kolaka itu menambahkan, agar warga meninggalkan lokasi penambangan, pihaknya memasang baliho berisi peringatan tentang larangan menambang. Adapun langkah selanjutnya yaitu akan membuat pos penjagaan di setiap pintu masuk. “Kami akan buat pos penjagaan di pintu masuk yang ada di Kelurahan Kolakaasi, Dusun Lalema, Desa Pubiau, Kelurahan Ulunggolaka. Di posko tersebut ada TNI, Polisi, BKSDA, Satpol PP yang berjaga. Jika sampai batas waktu yang ditentukan dan masih didapati warga menambang, maka sikap tegas akan kami lakukan,” ancamnya.

Menurut Safei, penambangan emas di Ulunggolaka tidak hanya merusak lingkungan, tetapi juga membuat ekonomi di Bumi Mekongga menjadi tidak stabil. Sebab, banyak warga yang meninggalkan usahanya dan melakukan penambangan. ” Masyarakat yang biasa berkebun, saat ini banyak yang meninggalkan lahannya untuk mendulang emas, akhirnya idak terawat,” ujarnya.
Sementara itu, berdasarkan pantauan di lokasi, sejumlah warga yang mendulang emas mulai meninggalkan tempat. “Saya mau pulang ke Kolaka Utara. Soalnya sudah dilarang menambang, baru jarang mi juga kita dapat emas,” kata Ririn. (b/fad)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top