STIP Wuna Bakal Jadi Universitas – Hacked by TryDee
News

STIP Wuna Bakal Jadi Universitas

KENDARI – Pendirian sebuah universitas yang menjadi salah satu target utama Pemda Muna dibawah komando LM Rusman Emba dan Malik Ditu, sudah di depan mata. Jika tidak ada aral melintang, pendirian kampus terbesar di Muna itu bakal mulai beroperasi pada 2018 mendatang.

Bupati Muna Rusman Emba mengaku tidak akan kesulitan mendikan sebuah universitas, karena hanya menaikkan status Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna menjadi Universitas Muna.

Hanya saja, ada beberapa perubahan yang harus dilakukan, seperti menambah Fakultas dan program studi.

Sebelumnya, STIP Wuna hanya memiliki empat program studi (prodi) saja. Karena akan dijadikan universitas, Pemda Muna akan menambah prodi hingga 12. “Soal kampus masih dalam proses. Kami tinggal naikkan status STIP menjadi Universitas Muna. Kami akan tambahkan prodinya dan naikkan statusnya,” terangnya.

Rusman bilang, saat ini yang dialkukan Pemda adalah berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti Kementerian Pendidikan dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IX Sulawesi di Makassar. Sebab, untuk menaikkan status kampus, harus melalui administrasi di Kementerian Pendidikan dan Kopertis.

“Kita tinggal menunggu saja. Kami masih urus administrasinya,” ucap mantan Ketua DPRD Sultra ini.

Lokasi pendirian Universitas Muna tetap menggunakan Kampus STIP Wuna di Desa Motewe Kecamatan Lasalepa dengan luas 10 hektare. Soal anggaran, selain dana stimulus dari APBD Muna, Pemda juga berharap mendapatkan suntikan dari APBN.

“Anggarannya bertahap, selain ada stimulus dari APBD juga kita berharap dari APBN. Semoga tahun depan sudah bisa menerima mahasiswa baru,” tuturnya.

Sementara untuk tenaga pendidik, Rusman mengatakan terbuka untuk umum. Apalagi kata dia, saat ini banyak tenaga pendidik yang berasal dari Sultra khususnya Muna memilih untuk ke luar daerah hanya untuk mengajar. Harapannya, kampus itu bisa menarik tenaga pendidik untuk kembali ke kampung halaman. (m4/b/aji)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top