Peran Tokoh Agama Menjaga Kerukunan Beragama – Hacked by TryDee
News

Peran Tokoh Agama Menjaga Kerukunan Beragama

KENDARI – Subag Hukum dan KUB Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sultra, melaksanakan Dialog Kerukunan Umat Beragama Tinggkat Kecamatan di bertempat di KUA Kadia dengan tema ‘’lebih dekat melayani ummat membumikan dan memantapkan trilogi Kerukunan Umat Beragama”.

Kepala Kemenag Kota Kendari, Samsuri meyampaikan, peran tokoh agama sangat penting dalam menciptakan kerukunan beragama, hal tersebut perlu didukung dengan tindakan, seperti melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat.

Sementara itu, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kemenag sultra Ali Irfan, mengatakan, seringnya terjadi permasalahan dalam agama dikarenakan masalah perbedaan pandangan antara golongan yang satu dengan golongan yang lainya.

“Selain itu terjadinya konflik antar umat beragama dikarenakan kurangnya pemahaman agama pada masing-masing pemeluk agama,” terang dia.

Lanjutnya, untuk meningkatkan kerukunan umat beragama maka Kanwil Sultra menggagas kampung kerukunan umat beragama seperti yang ada di Konawe Utara yang akan menjadi contoh kerukunan umat beragama.

Ali Irfan, menambahkan, perumpamaan subuah agama seperti sebuah lilin. Dimana ketika dalam suatu ruanggan terjadi pemadaman lampu yang meyebabkan seisi ruangan menjadi gelap gulita, namun terdapat seseorang yang membawa lilin.

“Maka ketika orang tersebut menyalakan lilinya, namun cahaya lilin tersebut menerangi tidak hanya orang tersebut tetapi menerangi seisi ruanggan yang berdampak semua orang dalam ruanggan bisa keluar tanpa harus saling bertabrakan,” imbuhnya.(rs)

Rakyat Sultra

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top