Anggaran Penataan Destinasi Wisata Muna Baru Diusul – Hacked by TryDee
News

Anggaran Penataan Destinasi Wisata Muna Baru Diusul

Danau Napabale salah satu obyek wisata di Muna.

KENDARIPOS.CO.ID — Promosi pengembangan sektor pariwisata di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna terus dilakukan. Upaya tersebut sebagai bentuk komitmen Bupati Muna, LM Rusman Emba dalam mengeksplorasi sumber kekayaan alam di otoritanya, termasuk penyediaan penganggaran. Minimnya APBD serta alokasi dana pusat yang tak ada, membuat pembangunan infrastruktur belum terbenahi.

Dinas Pariwisata pun sementara mengusulkan draf anggaran. Destinasi wisata yang menjadi unggulan daerah, tahun ini baru diusulkan melalui APBD, DAK maupun APBN. Jumlahnya mencapai Rp 31 miliar dan telah diusulkan melalui server Bappenas dan Kementerian Pariwisata secara online. Anggaran itu, diporsikan bagi pengembangan kawasan prasejarah serta wisata bahari. Khusus destinasi wisata kota yang sementara disiapkan. “Intinya semua kita usulkan berkaitan dengan program bupati dalam rangka mengembangkan destinasi witasa sesuai visi dan misi,” ujar Kadis Pariwisata Muna, H. Dahlan Kalega saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/5).

Mantan Camat Kulisusu itu mengaku, anggaran yang tersedia tahun ini dinilai tidak cukup untuk membangun infrastruktur. Sebab, hanya digelontorkan Rp 300 juta melalui APBD induk. Namun, Dahlan menyebut, ditahun 2017 ini juga, anggaran dari Kementerian PU ada Rp 3,9 miliar. Dinas Pariwisata juga akan mengusulkan anggaran Rp 2 miliar pada APBD Perubahan berdasarkan skala prioritas. Terkait dengan dana dari APBN nantinya, mantan Sekretaris DPRD Muna menyebut, bupati telah mengusulkan Rp 15 miliar yang diplotkan bagi pengembangan rumah adat. “Di mana tempatnya, tergantung rencana pemerintah. Tentu, anggaran itu akan direalisasikan tahun 2018. Tergantung, berapa nominal yang akan disepakati pemerintah pusat,” tandas Dahlan Kalega. (c/ery)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top