4.000 Unit Rumah Tak Layak, Hanya 105 Rumah di Butur yang Direnovasi – Hacked by TryDee
News

4.000 Unit Rumah Tak Layak, Hanya 105 Rumah di Butur yang Direnovasi

Armin

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Rakyat Kabupaten Buton Utara (Butur) tengah merampungan pendataan jumlah Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di daerah itu. Data teranyar menyebut ada 4.000 hunian warga yang dinyatakan tak layak didiami dan rencananya akan direnovasi. Sayangnya, jatah rumah yang akan dibenahi tahun ini hanya 105 unit. Meski begitu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan menggelontorkan anggaran cukup banyak untuk membedah ribuan rumah di Butur tahun 2018 mendatang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Rakyat Butur, Armin menuturkan, 4.000 unit RTLH tersebut tersebar di seluruh kecamatan yang ada. “Jumlahnya bisa saja bertambah mengingat pendataan belum tuntas dilakukan. Anggaran tahun ini masih sangat minim, hanya Rp 8,5 miliar. Terkait program pembedahan rumah akan dilakukan secara bertahap,” ujar Armin saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (18/5).

Mantan Kadis Pertambangan dan Energi Butur ini menambahkan, satu rumah tak layak huni mendapat kucuran dana langsung tunai sebesar Rp 7 juta sampai 20 juta. Untuk tahap awal, RTLH yang bakal mendapatkan bantuan dikhususkan pada Kecamatan Kulisusu dan Kulisusu Utara. (c/had)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top