Lomba Desa Punya Kerajinan Tenun, Desa Mabhodo Diharap Juara – Hacked by TryDee
News

Lomba Desa Punya Kerajinan Tenun, Desa Mabhodo Diharap Juara

FITRI AZHARI/BERITA KOTA KENDARI
Bupati Muna LM Rusman Emba ST bersama Ketua Tim Penilai Lomba Desa tingkat Provinsi Sultra, Ir Syaila Baranti M Si saat disambut di Desa Mabhodo, Kecamatan Kontunaga, Kamis (18/5).

RAHA, BKK- Bupati Muna, LM Rusman Emba optimistis Desa Mabhodo, Kecamatan Kontunaga yang menjadi wakil Muna akan menjuarai Lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Optimisme bupati itu berdasarkan kelebihan yang dimiliki desa ini.

Menurut bupati, masyarakat Desa Mabhodo dikenal akan kreativitasnya. Salah satunya adalah kerajinan tenun Muna yang begitu berkembang. Usaha kerajinan ini pun mendorong kemandirian Badan Usaha Milik Desa setempat.

“Semua kriteria yang diperlombakan, ada di Desa Mabhodo. Masyaraktanya inovatif dan kreatif. Kerajinan tenun kain khas Muna luar biasa di sini. Jadi saya optimis, lomba desa kali ini, kita akan juara 1,” kata Bupati Muna saat menyambut kedatangan Tim Penilaian Lomba Desa tingkat Sultra, di Desa Mabhodo, Kamis (18/5).

Ketua tim penilaian Lomba Desa tingkat Sultra, Syaila Baranti mengapresiasi pun sambutan dari Pemkab Muna. Menurutnya, dari lima kabupaten telah dinilai, baru Kabupaten Muna yang bupatinya turun langsung menyambut kedatangan timnya.

“Tujuan lomba desa ini untuk melihat kualitas hidup masyarakatnya. Karena itu, kita akan melihat apa yang telah dicapai oleh desa tersebut dalam setahun. Kalau mendengar penjelasan Bupati Muna tadi, mudah-mudahan harapan Bupati Muna bisa terwujud,” kata Syaila.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Muna, Rustam mengatakan, Desa Mabhodo terpilih mewakili Muna karena dikenal sebagai pusat kerajinan Tenun. Usaha ini pun sudah terbukti meningkatkan taraf kehidupan masyarakatnya.

“Hasil tenun mereka sudah dipasarkan sampai keluar daerah,” katanya.

Rustam juga menjelaskan, Badan Usaha Milik Desa Mabhodo juga bisa menghasilkan pendapatan sendiri. Bumdes ini diantaranya mengelola pasar, tangki air dan lainnya. (r1/aha)

Berita Kota Kendari

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top