Parah ! Anggaran Sudah Habis Rp 2,5 Miliar, Museum Bajo di Wakatobi Belum Tuntas – FAJAR Sultra
News

Parah ! Anggaran Sudah Habis Rp 2,5 Miliar, Museum Bajo di Wakatobi Belum Tuntas

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi untuk meresmikan museum Bajo tahun ini rupanya tak bisa terwujud. Pasalnya pembangunan gedung yang dimulai sejak tahun 2014 lalu itu hingga kini belum juga tuntas. Padahal anggaran yang sudah diserap mencapai Rp 2,5 miliar. Sayangnya, belum ada fasilitas pelengkap pada museum yang berdiri di Perkampungan Bajo tersebut. Untuk menyelesaikan konstruksi, tak ada penambahan anggaran tahun ini. Namun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi memastikan museum Bajo akan difungsikan tahun depan.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi, Safiuddin menjelaskan, sekalipun ada penambahan anggaran nantinya, hanya untuk porsi desain dalam ruangan museum saja. Menurutnya, untuk pembangunan sudah tidak ada masalah dan telah selesai. “Sebenarnya kendalanya di desain dalam ruangan. Alhamdulillah dalam kunjungan Menteri Pendidikan yang juga dihadiri dari pihak Cagar Budaya beberapa waktu lalu kita ditawarkan desainnya itu. Sudah ada sepuluh yang kita lihat dan saya kira ada beberapa yang memenuhi,” ujar Safiuddin, Kamis (18/5).

Ia mengaku, untuk desain sendiri hingga perabot dan lainnya kemungkinan akan menghabiskan anggaran ratusan juta rupiah. “Jelas harus ada penambahan anggaran lagi dan sumbernya dari APBD. Saya Yang jelas kita pastikan tahun depan tuntas sehingga sudah bisa difungsikan,” tambahnya. Pembangunan museum itu sendiri dilakukan bertahap. Pada tahun 2014 lalu menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,9 miliar dan kemudian dilanjutkan tahun 2015 berjumlah Rp 600 juta. Lalu memasuki tahun 2016, musem kembali menambah anggaran hingga Rp 143 juta. (c/thy)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top