BPBD Konawe Utara Minim Fasilitas – FAJAR Sultra
News

BPBD Konawe Utara Minim Fasilitas

Raga L

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Utara (Konut) ternyata belum memiliki fasilitas pendukung yang memadai bila sewaktu-waktu terjadi bencana di wilayah tersebut. Salah satunya, kelengkapan kantong jenazah yang sangat penting jika musibah menelan korban jiwa. “Kendala di BPBD kita tidak memiliki fasilitas yang memadai. Seperti kantong jenazah, kaos tangan maupun peralatan medis yang tercantum pada P3K,” ujar Kepala BPBD Konut, Raga L, Jumat (19/5).

Itu terlihat pada kasus evakuasi korban tenggelam warga Desa Matabenua, Kecamatan Landawe beberapa hari lalu. Dalam proses evakuasi korban, BPBD tak ada fasilitas pendukung. “Semua dilakukan hanya pertimbangan kemanusiaan. Padahal dalam proses evakuasi jenazah itu peralatan sudah semestinya dilengkapi,” sambung Raga.

Fasilitas yang belum memadai masih menjadi kendala BPBD dalam proses evakuasi. Untuk fasilitas pendukung yang dimiliki BPBD hanya tiga unit speed boat dan sebuah mobil. “Luas wilayah Konawe Utara cukup luas. Sehingga dibutuhkan fasilitas memadai dalam membantu tugas tim reaksi cepat (TRC) BPBD,” ujarnya.

Dia menambahakan untuk wilayah Konut ada tiga jenis bencana diantaranya banjir bandang, longsor dan angin puting beliung. “Banjir dan longsor ini sudah mulai melanda. Sedangkan untuk puting beliung berpotensi terjadi sekitar bulan Juli hingga Desember. Dampaknya itu terjadi di wilayah pesisir dan kepulauan,” timpal Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Darurat, Kajas. (c/min)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top