Soal Status Aset Bandara Sugimanuru, Begini Penjelasan Gubernur Sultra – FAJAR Sultra
News

Soal Status Aset Bandara Sugimanuru, Begini Penjelasan Gubernur Sultra

Gubernur Sultra, H Nur Alam bersama Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada.

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra, Nur Alam berharap Bandara Sugimanuru dikelola maksimal. Hal itu sangat penting supaya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Muna Barat. Soal status aset milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut, menurutnya harus dibicarakan lebih jauh. Sebab, ada aturan main di dalamnya.

“Sebelum Muna Barat mekar, Bandara Sugimanuru masuk wilayah Kabupaten Muna. Tapi setelah secara administrasi pisah, maka sesuai peraturan perundang- undangan, segala yang ada di dalamnya, akan dibicarakan penyerahan asetnya,” ungkap Nur Alam sesaat setelah mendarat di Bandara Sugimanuru, kemarin.

Mantan Ketua DPW PAN Sultra menjelaskan, persoalan ini masih harus dibicarakan lebih jauh. Mesti dilihat dulu siapa yang biayai. Soal pemda menyediakan lahan itu sudah seharusnya. Kemudian yang kelola siapa. Apakah penerbangan perhubungan sipil dengan UPTDnya atau pemda. “Ini harus diurai baik-baik. Tidak bisa diklaim milik kabupaten atau provinsi, mesti dilihat dulu riwayatnya. Tapi intinya, bandara ini berada di wilayah administrasi Mubar,” bebernya.

Kadis Perhubungan Mubar, Laode Hanafi membenarkan kalau secara administrasi Bandara Sugimanuru masuk Mubar. Hanya saja, hingga saat ini masih menjadi aset Kementerian Perhubungan, bukan daerah. “Status tanahnya sudah bersetifikat atas nama Kemenhub. Hanya letak wilayah administrainya berada di Mubar,” imbuhnya. (b/yaf)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top