Pemekaran Enam Daerah Baru di Sultra Terbentur Moratorium – Hacked by TryDee
News

Pemekaran Enam Daerah Baru di Sultra Terbentur Moratorium

KENDARIPOS.CO.ID — Pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) atau pemekaran enam daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga kini belum ada titik terang. Salah satu penyebabnya terbentur moratorium pemekaran. Ketua Komisi I DPRD Sultra, LM Taufan Alam mengungkap, untuk enam DOB yaitu calon Provinsi Kepulauan Buton (Kepton), Muna Timur, Kota Raha, Kabupaten Pakue, Kabupaten Konawe Timur, dan Kabupaten Kabaena Kepulauan sudah tidak ada kendala lagi dalam pengusulan kepada pemerintah dan DPR.

“Kabar terakhir proses pemekaran tinggal menunggu persetujuan presiden. Memang sampai sekarang masih moratorium pemekaran. Ini juga terkait dengan ketersediaan anggaran oleh pemerintah pusat. Makanya, kami mendorong Presiden dan DPR untuk segera mencabut moratorium pemekaran DOB baru,” ucap Taufan.

Kata legislator asal Demokrat ini, Komisi I DPRD Sultra bersama tokoh masyarakat atau panitia pemekaran DOB berkomitmen memperjuangkan semua wilayah tersebut agar bisa dimekarkan dari induk. “Pemekaran DOB itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami untuk di aspirasikan ke pemerintah pusat dan DPR RI,” ujar Taufan Alam saat dihubungi, Minggu (4/6).

Ia juga mengungkapkan, dorongan seluruh daerah untuk menguatkan terealisasinya DOB itu dengan membentuk Forum Komunikasi Nasional Percepatan Pembentukan Calon Daerah Otonomi Baru (Forkonas PP CDOB). “Dengan forum tersebut nantinya semua calon DOB akan melakukan konsolidasi dan komunikasi kepada pemerintah pusat dan DPR serta DPD RI,” kata Taufan.

Terkait syarat pemekaran, Taufan Alam mengatakan usulan DOB Sultra tinggal dilengkapi. Untuk semua syarat sudah lengkap. Namun, memang dalam aturan baru ada beberapa prasyarat baru yang harus dilengkapi. “Saya rasa itu mudah untuk dilengkapi,” pungkasnya. (yog/c)

Kendari Pos

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top